10 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kecantikan Kulit

Nada Saffana - wolipop Minggu, 16 Jun 2019 15:08 WIB
Ilustrasi wanita dengan kulit sehat. Foto: Thinkstock Ilustrasi wanita dengan kulit sehat. Foto: Thinkstock

Jakarta - Vitamin C banyak dipercaya sebagai salah satu bahan anti-penuaan terbaik dan kunci untuk mempertahankan kulit halus, cerah dan berkilau.

Tapi manfaat vitamin C tak hanya itu. Jika digunakan dengan benar, serum vitamin C memiliki banyak kegunaan bagi kulit untuk menjadikannya sehat.

1. Cenderung Aman Digunakan
Vitamin C cenderung aman digunakan untuk berbagai jenis kulit. Serum vitamin C dapat dipakai secara topikal dalam jangka waktu lama tanpa reaksi yang merugikan.

Namun untuk yang memiliki kulit sensitif, mungkin dapat mengalami iritasi ringan. Jika kulit kamu terlalu sensitif, bisa mengoleskannya setelah memakai pelembap untuk mengurangi reaksinya.
10 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kecantikan KulitSerum vitamin C dari Kiehl's. Foto: Foto: Kiki Oktaviani/Wolipop
2. Menghidrasi
Magnesium ascorbyl phosphate adalah salah satu turunan vitamin C utama. Kandungan ini dimanfaatkan dalam perawatan untuk menghidrasi kulit dengan cara menjaga kulit agar tidak kehilangan air. Jadi selain mencerahkan, manfaat serum vitamin C adalah membantu melembapkan kulit.

3. Mencerahkan
Manfaat vitamin C yang paling umum adalah efek mencerahkan. Seperti dilansir Health Line, serum vitamin C dapat membantu memudarkan pigmentasi, mengurangi kusam, dan menghaluskan permukaan kulit.

4. Mengurangi Kemerahan dan Meratakan Warna Kulit
Serum vitamin C juga terbukti bermanfaat untuk mengobati berbagai macam kondisi peradangan kulit. Misalnua saja menghilangkan kemerahan dan membuat warna kulit lebih merata.

5. Memudarkan Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi termasuk flek hitam dan melasma yang terjadi ketika melanin diproduksi berlebihan di daerah-daerah tertentu. Aplikasi serum vitamin C terbukti bermanfaat menghambat produksi melanin sehingga dapat membantu memudarkan bintik-bintik hitam di kulit.


6. Memudarkan Lingkaran Gelap Bawah Mata
Serum vitamin C bermanfaat membantu mengencangkan garis-garis halus dengan kandungan magnesium ascorbyl phosphat yang melembapkan area bawah mata. Meskipun vitamin C lebih efektif dalam mengurangi kemerahan, beberapa orang mengatakan bahwa vitamin C juga dapat membantu mencerahkan lingkaran di bawah mata.
10 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kecantikan KulitSerum vitamin C dari Clinique. Foto: ist

7. Meningkatkan Produksi Kolagen
Serum vitamin C bermanfaat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein alami yang menipis seiring pertambahan usia. Kadar kolagen yang rendah dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

8. Mengencangkan Kulit
Produksi kolagen terkait dengan elastisitas dan kekencangan kulit. Ketika kadar kolagen mulai turun, kulit mungkin akan melorot. Manfaatkan serum vitamin C agar produksi kolagen meningkat dan membuat kulit menjadi lebih kencang.


9. Melindungi Kulit dari Kerusakan
Kerusakan kulit akibat sinar matahari disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Vitamin C kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel kulit sehat dengan 'memberi' radikal bebas ini elektron agar mereka tidak berbahaya bagi kulit.

10. Mempercepat Pergantian Sel
Selain meminimalkan kemerahan, vitamin C memiliki manfaat mempercepat pergantian sel yang rusak menjadi sel baru dan sehat. Gunakan vitamin C untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi risiko peradangan, infeksi, hingga jaringan parut.

Cara tepat memakai serum vitamin C

Serum vitamin C biasanya digunakan sekali atau dua kali sehari. Namun lebih disarankan pada malam hari karena di waktu itulah regenerasi sel mencapai puncaknya. Setelah mencuci muka, aplikasikan toner lalu serum vitamin c, dan akhiri pelembap sebagai 'pengunci' agar manfaatnya lebih efektif. (hst/hst)