13 Tips Perawatan Rambut Rontok Anti Ribet

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 13 Okt 2021 12:45 WIB
Perawatan rambut rontok. Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean Perawatan rambut rontok. Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean
Jakarta -

Ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan untuk menghentikan kerontokan rambut. Apa saja perawatan rambut rontok?

Kerontokan rambut disebabkan oleh hal-hal seperti masalah tiroid, stres, infeksi kulit kepala, alopecia androgenik, atau sekadar penuaan. Namun, beberapa situasi, seperti kerontokan rambut setelah kehamilan (telogen effluvium), dapat sembuh dengan sendirinya.

Saat kerontokan rambut terus berlanjut, kamu sebaiknya perlu untuk segera mengambil tindakan. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut.

Berikut 13 tips untuk perawatan rambut rontok yang mudah dilakukan:

1. Konsumsi Protein

Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Seperti dilansir Healthline, satu studi 2017 dari 100 orang dengan rambut rontok mencatat beberapa kekurangan nutrisi pada peserta, termasuk asam amino yang berfungsi sebagai bahan pembangun protein.

Sementara para peneliti mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian, makan makanan yang kaya protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Pilihan sehat termasuk makanan seperti telur, kacang-kacangan dan kacang polong, ikan, produk susu rendah lemak, ayam, dan kalkun.

2. Perawatan Rambut Rontok dengan Vitamin A

Vitamin A terdiri dari bagian retinoid, yang telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Vitamin ini juga dapat membantu produksi sebum, menjaga kulit kepala lebih sehat dan mampu mempertahankan lebih banyak rambut. Isi piringmu dengan makanan yang kaya vitamin A, seperti ubi jalar, paprika manis, dan bayam.

3. Biotin

Biotin (vitamin H atau B7) terlibat dalam sintesis asam lemak dalam tubuh. Proses ini sangat penting untuk siklus hidup rambut dan kamu mungkin mengalami kerontokan rambut jika kamu memiliki kekurangan biotin. Konsultasikan dengan dokter tentang mengonsumsi biotin tiga sampai lima miligram setiap hari.

Fresh GinsengPerawatan rambut rontok dengan gingseng. Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

4. Perawatan Rambut Rontok dengan Ginseng

Ginseng mengandung fitokimia tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala. Kamu dapat menggunakan shampoo yang mengandung ginseng sebagai perawatan rambut rontok.

5. Mencuci Rambut secara Teratur

Mencuci rambut setiap hari dapat melindungi dari kerontokan rambut dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Kuncinya adalah menggunakan sampo ringan. Formula yang lebih keras dapat mengeringkan rambut dan membuatnya patah, menyebabkan rambut rontok.

6. Perawatan Rambut Rontok dengan Minyak kelapa

Menurut tinjauan studi tahun 2018, para peneliti percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa membantu mengikat protein di rambut, melindunginya dari kerusakan pada akar dan helai. Memijat minyak kelapa ke kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan kembali.

Olive oil bottle in the kitchenPerawatan rambut rontok dengan minyak zaitun. Foto: Getty Images/iStockphoto/MileA

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengkondisikan rambut, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan terkait. Minyak zaitun juga merupakan bahan utama yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut genetik.

Pertimbangkan untuk mengoleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut dan diamkan selama 30 menit sebelum dicuci.

Perawatan rambut rontok bisa dengan minyak atsiri. Bagaimana caranya? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2