Skincare Lokal Laris Manis di Tokopedia

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Senin, 13 Sep 2021 21:56 WIB
Eye zone care concept. Happy beautiful asian girl applying eye serum in front of mirror at home Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Banyak masyarakat yang memanfaatkan platform digital untuk membeli produk kecantikan lokal. Sebab cara ini dinilai lebih praktis dan mudah.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan kecantikan jadi salah satu kategori produk yang mengalami kenaikan transaksi paling pesat di Tokopedia selama periode kuartal II tahun 2021. Adapun jenis produk yang banyak diburu yaitu serum wajah, krim malam, dan toner.

"Pandemi mendorong digitalisasi dan teknologi bukan lagi sekadar nilai tambah, tetapi telah berkembang pesat menjadi sebuah kebutuhan," ujar Nuraini dalam keterangan tertulis, Senin (13/9/2021).

Selain mempermudah konsumen, Nuraini mengatakan platform digital juga menjadi panggung bagi para pegiat UMKM lokal di industri kecantikan untuk terus mempertahankan bisnis di situasi penuh tantangan seperti ini.

"Riset LPEM FEB UI 2020 membuktikan bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki," jelasnya.

Salah satu pegiat UMKM lokal tersebut yaitu Jeldine Madjukie, Joyce Arta dan Revata Pingkan. Mereka adalah wanita hebat di balik suksesnya bisnis Gentle Hour.

Joyce mengatakan Tokopedia telah membantu perkembangan bisnisnya bahkan dari nol. Selain itu, ia mengaku kampanye Tokopedia Beauty Dealight membantu produk Gentle Hour menjangkau pelanggan lebih jauh hingga ke Papua.

Kampanye Tokopedia Beauty Dealight juga mendapat apresiasi dari Affi Assegaf yang merupakan seorang beauty influencer. Affi menilai kampanye ini bisa semakin mendorong rasa bangga terhadap produk buatan lokal, termasuk produk-produk kecantikan.

"Tokopedia sudah memberikan panggung luas untuk para pegiat UMKM lokal kecantikan. Rasa bangga buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama demi membantu pemulihan ekonomi nasional," terangnya.

Diketahui, Tokopedia juga terus mendukung perempuan pegiat UMKM lokal di berbagai industri lain, termasuk makanan dan minuman. Sebut saja Prima Hayuningputri dan Anika Miranti, pemilik Mad Bagel yang mengalami peningkatan penjualan sampai 4 kali lipat karena berpartisipasi dalam kampanye Tokopedia Nyam.

Selain itu, Tokopedia mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan membantu meng-online-kan berbagai kegiatan offline yang terdampak pandemi, seperti Market & Museum at Home, OH! Beauty Festival, Semasa di Tokopedia dan masih banyak lagi.



Simak Video "Yang Harus Diperhatikan dari Beauty Hacks pada Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)