Rias Anggota Paskibraka Nasional, MUA Ini Ungkap Rahasianya

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 17 Agu 2021 16:00 WIB
Upacara HUT RI turut digelar di Bandung. Digelar di masa pandemi COVID-19, upacara pengibaran bendera digelar dengan terapkan protokol kesehatan. Tim Paskibraka Nasional. Foto: Wisma Putra/Detikcom
Jakarta -

Demi memperingati Hari Raya Kemerdekaan RI, upacara kemerdekaan pun kembali digelar di Instana Merdeka pada Selasa (17/8/21). Jika di tahun sebelumnya tim Paskibraka Nasional tidak dihadirkan secara lengkap mengingat pandemi Corona yang tengah berlangsung, maka kali ini formasi tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka sudah kembali lengkap.

Walaupun demikian, tentu saja prokes untuk pencegahan virus Corona tetap diberlakukan. Termasuk saat tim Paskibraka Nasional itu dirias dan ditata rambutnya oleh makeup artist dan hair stylist.

Pada 2021 ini, tim makeup artist dari Mustika Ratu kembali dipercaya untuk mendandani tim Paskibraka Nasional. Kepada Wolipop, salah seorang tim MUA (makeup artist) Mustika Ratu yaitu Tiwie menceritakan pengalamannya saat harus bertugas mendandani para tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Merdeka.

Tim MUA Paskibraka Nasional dari Mustika RatuTim MUA Paskibraka Nasional dari Mustika Ratu Foto: Dok. Biro Pers Media Informasi Sekretariat Presiden (BPMI)

Aturan Makeup Tim Paskibraka Nasional

"Kalau aturan khususnya sih lebih kepada prokes ya. Mungkin bedanya di 2019 makeup artist yang bertugas bisa bebas berinteraksi langsung dengan adik-adik Paskibraka Nasional. Di 2020 karena memang peserta Paskibrakanya hanya delapan orang, walaupun prokes tapi masih nggak terlalu crowded. Maksudnya masih bisa di-handle karena timnya banyak. Tapi untuk 2021 ini tim Paskibraka Nasional kembali formasi lengkap di 68 peserta. Jadi prokesnya benar-benar ekstra banget," terang Tiwie saat diwawancara Wolipop melalu WhatsApp pada Senin (16/8/21).

Tiwie menjelaskan bahwa para tim MUA dari Mustika Ratu diwajibkan untuk menjalani dua kali tes PCR serta dikarantina terlebih dahulu sebelum diperbolehkan merias tim Paskibraka Nasional. Para MUA juga diwajibkan untuk mengenakan masker ganda, face shield, serta memastikan alat-alat yang digunakannya itu steril. Bahkan Tiwie sendiri sampai menyediakan alkohol khusus untuk mensterilkan alat-alat yang akan digunakannya.

Sementara untuk cara merias, sudah ada aturan khusus tersendiri. Tiwie pun menjelaskan beberapa aturan merias para Paskibraka Nasional tersebut.

"Kalau do's nya itu lebih ke rambut ya. Kalau rambut itu adik-adik Paskibraka sudah ada ukurannya nih. Jadi kalau kayak yang putri itu panjang rambutnya itu tiga jari di bawah daun telinga. Kemudian kalau untuk yang putra itu ukuran cukurnya itu di 0,1. Jadi harus mengikuti arahan. Ini sama sih seperti Paskibraka-paskibraka sebelumnya, peraturannya masih sama. Makeup juga yang penting adik-adik Paskibraka itu terlihat fresh," terang Tiwie.

Tim MUA Paskibraka Nasional dari Mustika RatuTim MUA Paskibraka Nasional dari Mustika Ratu Foto: Dok. Biro Pers Media Informasi Sekretariat Presiden (BPMI)

Tiwie juga menjelaskan bahwa kali ini mungkin menjadi yang pertama kalinya bagi tim Paskibraka Nasional untuk berformasi lengkap dengan menggunakan masker. Namun walaupun menggunakan masker, para Paskibraka Nasional tetap dirias seluruh wajah seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja kali ini riasan mata yang sedikit lebih ditonjolkan.

Selain itu Tiwie juga mengungkapkan kesulitannya selama merias para Paskibraka karena harus menggunakan sarung tangan demi mengikuti prokes. Tak hanya membeberkan aturan-aturan yang harus diikuti, Tiwie mengungkapkan aturan yang tidak diperbolehkan selama menjadi MUA Paskibraka Nasional.

"Kalau dont's nya itu sih sebenarnya yang paling riskan banget, yang nggak boleh dilanggar itu adalah prokes. Jadi kita nggak boleh banget melanggar prokes, karena pertama ini formasinya lengkap jadi jumlahnya banyak," terangnya.

Jika sebelumnya MUA yang diturunkan untuk merias Paskibraka Nasional jumlahnya cukup banyak, menurut keterangan Tiwie kali ini jumlah yang dipilih justru dipangkas menjadi 50% saja, yaitu hanya sekitar 15 orang MUA. Oleh karena itu para MUA pun harus bekerja lebih ekstra untuk merias para Paskibraka Nasional.



Simak Video "KuTips: Tips Seru Rayakan 17 Agustusan di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)