5 Cara Seru Rayakan Hari Kemerdekaan dari Rumah

Inkana Putri - wolipop Selasa, 10 Agu 2021 12:17 WIB
Merayakan Hari Kemerdekaan RI di rumah Foto: shutterstock
Jakarta -

Hari kemerdekaan Indonesia menjadi satu momen spesial bagi masyarakat. Namun, pandemi membuat perayaan momen kemerdekaan #DiIndonesiaAja kali ini menjadi lebih terbatas.

Buat kamu yang tak bisa merayakan HUT RI seperti dulu, jangan dulu bersedih. Pasalnya masih ada cara seru lainnya untuk rayakan hari kemerdekaan dari rumah seperti berikut.

1. Berkreasi di Rumah

Merayakan Hari Kemerdekaan RI di rumahFoto: shutterstock

Hari kemerdekaan biasanya identik dengan aktivitas kreatif seperti pawai, membuat tumpeng, hingga menghias panggung untuk acara 17 Agustusan. Meski kali ini hari kemerdekaan hanya bisa dirayakan dari rumah, bukan berarti kamu harus berhenti berkreasi.

Kamu bisa melakukan aktivitas kreatif lainnya seperti menghias rumah dengan dekorasi ala kemerdekaan seperti bendera, gambar garuda, dan lainnya. Kegiatan ini tentunya akan semakin menambah momen perayaan kemerdekaan di rumah jadi lebih bermakna. Kamu juga bisa menghias rumah dengan produk lokal seperti lampion merah putih dari @lampionld, atau menghias dinding rumah dengan keramik lukis bernuansa batik khas Indonesia dari @caninapainting. Hadirkan juga dekorasi unik lewat koleksi furniture daur ulang yang bisa di-custom dengan nuansa merah putih di @galuh.creatives.

2. Lomba Virtual

Lomba 17-an memang jadi momen yang paling dinanti. Selain seru, hadiah-hadiah yang menarik juga membuat masyarakat tak sabar untuk mengikuti lomba. Di tengah pandemi saat ini, kamu bisa tetap menggelar lomba secara virtual bersama teman, kerabat, atau keluarga.

Selain itu, kamu juga dapat mengikuti lomba virtual yang digelar berbagai instansi. Salah satunya kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia! Di kompetisi ini, kamu bisa berkreasi lewat video dengan menyanyikan salah satu lagu daerah #DiIndonesiaAja. Menariknya, kamu juga bisa berkesempatan memenangkan hadiah total jutaan rupiah.

3. Nonton Film Lokal

Agar tak bosan rayakan kemerdekaan di rumah, kamu bisa coba nonton film karya anak bangsa. Apalagi saat ini kualitas film lokal tak kalah bagus dengan film internasional. Beberapa film yang bisa kamu tonton selama 17-an, antara lain 5 Cm, Aruna dan Lidahnya, dan Laskar Pelangi. Film-film ini tentunya akan membuat kamu merasa seperti berwisata keliling Indonesia. Pasalnya, film ini menyajikan keindahan alam Indonesia hingga lezatnya kuliner nusantara. Dijamin momen 17-an kamu jadi lebih seru meskipun di rumah saja.

4. Pakai Kostum Merah Putih

Merayakan Hari Kemerdekaan RI di rumahMerayakan Hari Kemerdekaan RI di rumah Foto: shutterstock

Belum lengkap rasanya kalau merayakan hari kemerdekaan tanpa mengenakan kostum merah putih. Warna ini memang sering dipakai saat 17-an karena menjadi simbol bendera merah putih dan kemerdekaan Indonesia. Buat kamu yang belum memilikinya, saat ini ada banyak UMKM lokal yang menghadirkan pakaian hingga masker berwarna merah, putih, atau merah putih. Kamu bisa #BeliKreatifLokal melalui Instagram @guegirang yang menghadirkan koleksi kemeja berwarna merah dan putih, atau @klambiabite yang punya koleksi masker merah putih.

5. Upacara Bendera Virtual

Merayakan Hari Kemerdekaan RI di rumahIlustrasi Upacara 17 Agustus di Istana Negara Foto: detikcom

Peringatan HUT RI juda dapat kamu isi dengan mengikuti upacara bendera dari rumah. Biasanya, upacara Pengibaran Bendera Pusaka akan dilakukan di Istana Negara pada 17 Agustus pagi dan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Tak hanya bisa melihat proses pengibaran Sang Saka Merah Putih, kamu juga bisa melihat para pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Sebab, setiap tahunnya upacara akan dilakukan oleh Paskibraka yang berbeda-beda. Di sore hari, kamu pun bisa menyaksikan penurunan bendera merah putih.

Seru sekali bukan? Selain itu, kamu juga bisa tetap berkontribusi mendorong #IndonesiaTangguhIndonesiaTubuh dengan disiplin protokol kesehatan 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama) saat harus beraktivitas di luar dan ikut program vaksinasi.

Di samping itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno pun juga turut mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap optimis dan semangat dalam melawan pandemi.

"Mari kita tebarkan optimisme dan harapan, tetap semangat, tetap jaga kesehatan, dan tetap terapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ungkapnya dikutip dari situs resmi Kemenparekraf.go.id.

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76, ikuti juga kompetisi #MelodiKemerdekaan yang berlangsung mulai 27 Juli-20 Agustus 2021 untuk menangkan hadiah jutaan rupiah dan merchandise. Follow juga Instagram @pesonaid_travel untuk tahu informasi lengkap tentang pariwisata yang ada #DiIndonesiaAja.



Simak Video "Sambut HUT ke-76 RI, Pantai Trenggalek 'Diselimuti' Merah Putih Raksasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)