Peminat Skincare Korea Berkurang Selama Pandemi, Ini Alasannya

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 02 Agu 2021 13:40 WIB
Portrait shot of a Southeast Asian woman with a face mask applying liquid foundation to her hand to match its color with her skin tone, during her make up shopping amidst Covid 19 pandemic Foto: iStock
Jakarta -

'10 Step Skincare' sempat menggemparkan dunia kecantikan. Metode perawat wajah yang melibatkan banyak langkah dan produk tersebut dianggap bisa secara maksimal menutrisi kulit. Tren tersebut juga didukung dengan popularitas KPop dan KDrama. Tapi laporan terbaru mengungkap jika perawatan 10 langkah tak lagi difavoritkan karena orang-orang menginginkan rutinitas lebih simpel.

Tak hanya drama atau musiknya, Korea Selatan juga dikenal akan produk-produk perawatan kulit yang biasa disebut KBeauty. Ketika '10 step skincare' jadi tren, banyak orang melirik bahkan mulai beralih kepada brand-brand kosmetik asal Negeri Ginseng. Sayangnya menurut laporan terbaru, popularitasnya mulai menurun belakangan karena pergeseran tren juga kebiasaan selama pandemi.

Dilansir SCMP, hal-hal yang membuat KBeauty begitu populer beberapa tahun belakangan justru membuat orang mulai meninggalkannya. Brand-brand Korea dikenal dengan teknik marketing yang unik, rutinitas yang lebih lengkap, juga makeup bernuansa terang. Hal itu tak lagi diminati kebanyakan pecinta dunia kecantikan secara global.

Pandemi dikatakan juga menjadi salah satu yang mempengaruhinya. Selama virus Corona mewabah, uniknya banyak orang yang lebih melirik brand-brand yang lebih mewah dan mahal. Dikatakan jika konsumer justru lebih rela menghabiskan banyak uang untuk skincare karena tidak banyak bepergian.

Belakangan brand-brand global juga tak ragu untuk mengeluarkan dana lebih untuk menghadirkan terobosan. Sedangkan dalam KBeauty, belum ada muncul lagi inovasi yang benar-benar menggebrak. Adapun yang menganggap jika produk Korea terlalu fokus pada marketing dari pada kandungan sehingga membuatnya mudah ditiru.

Satu lagi yang paling mendorong kurangnya minat akan KBeauty atau paling tidak skincare 10 langkah adalah 'skinmalism'. Muncul tren baru di dunia kecantikan bahwa produk serbaguna dengan formula minimalis lebih baik untuk kesehatan kulit. Meski begitu, KBeauty tetap memiliki tempat di hati sebagai 'beauty enthusiast' yang merasa cocok dengan produknya.

(ami/ami)