10 Cara Mudah Menghilangkan Komedo

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 10 Jun 2020 09:31 WIB
Close up of smile asian beauty woman use cleansing cotton on her face and look mirror Foto: iStock
Jakarta -

Komedo adalah permasalahan kulit yang banyak dihadapi oleh orang-orang, terutama pemilik wajah berminyak. Komedo seringkali membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Sebenarnya, ada beberapa cara menghilangkan komedo yang dapat dilakukan. Jika dilakukan dengan rutin, tentunya kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti dikutip dari Healthline, berikut ini cara menghilangkan komedo di pipi, hidung, dan wajahmu.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Menghindari Melakukan Ekstraksi Sendiri di Rumah

Cara menghilangkan komedo yang pertama adalah dengan tidak melakukan ekstraksi sendiri di rumah. Kamu pasti sudah tahu bahwa memencet apalagi melakukan ekstraksi pada komedo dan jerawat sendiri di rumah sangat tidak disarankan karena dapat membuat kulit menjadi rusak dan iritasi. Hal ini juga termasuk dengan menggunakan plester komedo. Walaupun plester komedo menjanjikan pori-pori yang bersih tetapi sebenarnya plester tersebut justru dapat menghilangkan elemen penting pada kulitmu, seperti minyak alami dan folikel rambut. Hasilnya, kulit bisa menjadi kering dan iritasi. Saat kulit mengalami iritasi, kelenjar sebaceousmu akan memproduksi lebih banyak minyak yang dapat membuat lebih banyak komedo. Jika kamu benar-benar ingin melakukan ekstraksi komedo maka lakukan di tangan ahli yang tepat. Karena jika kamu salah melakukannya, hal itu justru dapat meninggalkan goresan, luka, atau bahkan noda yang sulit dihilangkan.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Menghindari Benzoil Peroksida

Cara menghilangkan komedo yang kedua adalah dengan tidak menggunakan produk bezoil peroksida. Benzoil peroksida hanya bekerja untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan pada jerawat, seperti kista dan pustula. Komedo tidak dianggap sebagai peradangan dan tidak disebabkan oleh bakteri, sehingga menggunakan produk benzoil peroksida tidak akan bermanfaat.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Salicylic Acid

Cara menghilangkan komedo yang ketiga adalah dengan membersihkan wajah menggunakan salicylic acid. Salicylic acid adalah bahan yang lebih bermanfaat untuk menghilangkan komedo karena dipercaya dapat memecah material yang menyumbat pori, yaitu kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati. Cucilah wajah setidaknya dua kali sehari dengan produk pembersih wajah yang mengandung salicylic acid. Kamu bisa memulai dengan menggunakan salicylic acid hanya satu kali sehari, pada malam hari dan menggunakan sabun yang biasa kamu gunakan pada pagi har. Jika kulitmu sudah terbiasa barulah kamu bisa menggunakan salicylic acid lebih dari satu kali sehari.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Eksfoliasi Menggunakan AHA dan BHA

Close up of smile asian beauty woman use cleansing cotton on her face and look mirrorClose up of smile asian beauty woman use cleansing cotton on her face and look mirror Foto: iStock

Cara menghilangkan komedo yang keempat adalah dengan menggunakan produk mengandung AHA dan BHA yang dapat mengeksfoliasi kulit. Produk-produk eksfoliasi ini mungkin dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada jerawat yang meradang, tetapi tidak dengan komedo. Pengelupasan kulit secara teratur justru dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan komedo. Cobalah untuk menggunakan produk eksfoliasi ringan yang mengandung AHA dan BHA, dibandingkan produk eksfoliasi dengan scrub yang kasar dan keras.


Cara Meghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Cara menghilangkan komedo yang kelima adalah dengan pasta gigi. Seperti dikutip dari WikiHow, pasta gigi selain dapat membersihkan gigi dan mulut ternyata juga dapat menghilangkan komedo. Namun sebenarnya cara ini tidak direkomendasikan oleh dokter karena dapat membuat kulit menjadi kering dan menginfeksi pori-pori. Tapi jika kamu tetap ingin menncobanya maka kamu bisa melakukannya dengan mengoleskan pasta gigi pada permukaan kulit wajah yang ingin dihilangkan komedonya, lalu diamkan selama 5 menit hingga kering. Setelahnya, bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Putih Telur

cara membuat omelet putih telurcara membuat omelet putih telur Foto: iStock

Cara menghilangkan komedo yang keenam adalah dengan putih telur. Seperti dikutip dari Self, cara yang satu ini sebenarnya cukup aman, hanya kamu mungkin perlu memperhatikan bahwa telur mentah dapat mengandung bakteri salmonella, sehingga kamu tetap harus berhati-hati. Jika ingin menjadikan putih telur sebagai bahan untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Setelah didiamkan beberapa menit, cuci wajah dengan bersih.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Clay Mask

Cara menghilangkan komedo yang ketujuh adalah dengan clay mask atau masker tanah liat. Clay mask dapat membantu menghilangkan komedo dengan cara membersihkan kotoran dan minyak dari pori-pori kulitmu. Clay mask dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Beberapa clay mask juga mengandung belerang yang dapat membatu menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menimbulkan komedo. Apapun jenis clay mask yang kamu gunakan, kamu bisa menggunakannya satu hingga tiga kali semiggu sesuai dengan kondisi dan permasalahan kulitmu.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Menggunakan Produk Noncomedogenic

Cara menghilangkan komedo yang kedelapan adalah dengan menggunakan produk-produk non-comedogenic. Menggunakan masker, pencuci wajah, dan eksfoliator yang tepat akan berguna jika kamu juga menggunakan produk-produk lain yang non-comedogenic. Produk-produk non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori wajah dan memperparah komedomu. Jadi pastikan kamu membaca dengan teliti keterangan produk terlebih dahulu sebelum membeli dan menggunakannya.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Menggunakan Charcoal Mask

Cara menghilangkan komedo yang kesembilan adalah dengan menggunakan charcoal mask. Hampir sama seperti clay mask, charcoal mask juga dapat bekerja secara mendalam pada kulitmu. Charcoal mask dapat mengurangi minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Kamu dapat menggunakan charcoal mask satu kali dalam seminggu untuk membantu menghilangkan komedo pada wajah.

Jangan Tidur dengan Makeup

Cara menghilangkan komedo yang terakhir adalah dengan tidak tidur saat makeup masih menempel pada wajah. Jika menginginkan wajah bersih dan bebas dari komedo maka jangan pernah membiarkan makeup tetap menempel pada wajah selama kamu tidur semalaman. Sekalipun kamu menggunakan makeup non-comedogenic, makeup tersebut tetap akan menyumbat pori-porimu jika kamu tidak membersihkannya sebelum tidur.



Simak Video "Wow! Limbah Kulit Jagung Dibikin Jadi Bros Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)