Perawatan Bekas Jerawat, Ini 9 Kandungan Skincare yang Ampuh

Annissa Kamila - wolipop Jumat, 16 Apr 2021 14:16 WIB
7 Makanan untuk Atasi Noda Hitam Bekas Jerawat Perawatan bekas jerawat dengan skincare. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Tidak ada metode dan teknologi canggih apapun yang bisa menghilangkan bekas jerawat secara seketika. Namun dengan usaha yang konsisten kamu dapat menghilangkan bekas jerawat tersebut. Apa perawatan bekas jerawat terbaik?

Menurut Marisa Grashick, seorang dermatologis bersertifikat, bekas jerawat dan perubahan warna pada wajah terjadi akibat cedera pada kulit. Dalam kasus jerawat, cedera tersebut berkaitan dengan produksi minyak berlebih, peradangan, dan bakteri.

"Sehingga saat kulit mencoba memperbaiki keadaan tersebut akan memunculkan bekas kemerahan, baik itu merah, merah muda, cokelat tergantung pada jenis jerawat dan kulit kamu," ujar Marisa seperti dikutip dari Allure.

Biasanya apabila terpapar sinar UV dari matahari secara berlebihan akan mengakibatkan bintik hitam di kulit atau yang disebut hiperpigmentasi. Namun hiperpigmentasi yang terjadi akibat bekas jerawat berbeda.

Bekas jerawat ini untungnya bisa diatasi dengan perawatan kulit yang tepat. Berikut sembilan kandungan skincare yang ampuh untuk perawatan bekas jerawat:

1. Asam Salisilat

Asam salisilat termasuk salah satu bahan populer yang biasa digunakan di beberapa produk-produk kecantikan termasuk untuk mengatasi masalah kulit yang berjerawat. Menurut Marisa Garshick, asam salisilat membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit baru serta memperbaiki warna serta tekstur kuit yang terkena bekas jerawat.

2. Ekstrak Licorice

Licorice adalah ekstrak akar manis yang menjadi obat herbal di Asia Selatan. Kandungan vitamin B1, B3, B5, dan vitamin E dalam licorice cukup tinggi, sehingga dapat membantu melembapkan serta mengurangi peradangan pada kulit. Esktraknya pun sering digunakan untuk membantu menyembuhkan luka dan jerawat. Menurut Garshick, diperkirakan ekstrak licorice mengandung glabiridin, yang membantu mengurangi sintesis melanin dengan memblokir enzim tirosinase.

3. Kombinasi Vitamin C dan Vitamin E

Memakai skincare dengan kombinasi vitamin C dan vitamin E termasuk salah satu perawatan bekas jerawat. Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi sehingga membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat. Menurut Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, New York City, vitamin C juga dapat membantu mencerahkan bekas jerawat yang gelap dan memudarkan bintik-bintik cokelat.

Selain itu apabila dikombinasikan dengan vitamin E, dapat memperbaiki pelindung kulit yang rusak serta memperbaiki tampilan bekas jerawat setelah proses penyembuhan jerawat..

4. Niacinamide

Niacinamide termasuk salah satu kandungan dalam produk kecantikan yang digandrungi wanita. Sebabnya niacinamide membantu mengatasi bekas jerawat yang ada. Menurut Heidi Waldorf, dermatologis bersertifikat yang berbasis di New York City, niacinamide mengurangi peradangan dan membuat wajah terbebas dari minyak, yang membuatnya sangat baik untuk penggunaan sehari-hari bagi orang yang rentan berjerawat.

5. Retinoid dan Retinol

Retinoid dan retinol dapat mengatasi hiperpigmentasi yang terkait dengan jerawat karena dapat meratakan warna kulit melalui pergantian sel kulit. Selain itu dua kandungan skincare perawatan bekas jerawat ini juga dapat membantu meningkatkan kolagen sisntesis sehingga mempercepat perubahan tekstur kulit akibat bekas jerawat.

6. Kombinasi Vitamin C dan Cica

Menambahkan vitamin C dan cica dapat meminimalkan ukuran bekas jerawat, kedalaman, tekstur, dan perubahan warna dalam penggunaan selama delapan minggu. Cica adalah tanaman yang memiliki nama ilmiah centella asiatica. Skincare dengan kandungan cica bermanfaat sebagai anti inflamasi, antioksidan dan sifat antibakteri.

7. Asam Alfa Hidroksi

Skincare dengan kandungan asam alfa hidroksi atau AHA bisa menyamarkan bekas jerawat dan meratakan warna kulit. Namun kemampuan AHA dalam mengatasi jerawat ini tergantung dari ukuran molekulnya. Misalnya, asam molekul kecil seperti asam glikolat mampu menembus lebih dalam dan lebih efektif. Menurut Garshick, untuk kulit yang sensitif dan menggunakan asam laktat yang memiliki molekul sedikit lebih besar, sehingga tidak menembus terlalu dalam dan mungkin lebih lembut di kulit, namun tetap efektif.

8. Asam Glikolat

Menurut Dendy Engelman, dermatologis bersertifikat yang berbasis di New York City, asam glikolat dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin dengan membuang limbah dan sel kulit mati. Selain itu asam glikolat juga sangat efektif dalam menghancurkan sel kulit mati dan mengurangi partikel mati. Skincare dengan kandungan asam glikolat akan bekerja dengan baik jika disertai asam alfa hidroksi lainnya. Sehingga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya.

9. Hydroquinone

Kandungan hydroquinone yang dicampur dengan pencerah kulit lainnya, seperti kojic acid, resorsinol, dan asam azlaic, dapat mengatasi pigmentasi tanpa mengiritasi kulit. Selain itu skincare dengan kandungan dapat Hydroquinone mengobati bekas jerawat yang tertinggal.

Itulah sembilan kandungan skincare yang ampuh sebagai perawatan bekas jerawat. Jika kamu ragu dengan pengobatan bekas jerawat ini, tidak ada salahnya berkonsultasi ke dokter kulit atau ahli yang terpercaya.



Simak Video "Tren Mukena Anak 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)