9 Cara Pakai Face Oil untuk Kulit Berminyak Hingga Kering

Annissa Kamila - wolipop Selasa, 06 Apr 2021 14:46 WIB
Ilustrasi wanita memakai face oil Cara pakai face oil. Foto: iStock
Jakarta -

Face oil termasuk produk perawatan wajah yang belakangan banyak diminati oleh pecinta skincare. Hal ini dikarenakan face oil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Apakah kamu tahu cara pakai face oil dengan benar sehingga mendapatkan manfaat maksimal?

Ada banyak cara dalam menggunakan face oil. Yang terkadang membingungkan adalah apakah face oil bisa digunakan bersamaan dengan mostuirizer. Atau bolehkah menggosok wajah saat memakai face oil?

Sebagai panduan kamu, berikut sembilan cara pakai face oil:

1. Face Oil Sebelum atau Setelah Moisturizer

Pertanyaan yang selalu muncul adalah sebaiknya menggunakan face oil sebelum atau sesudah moisturizer? Nah ternyata kamu bisa menggunakan face oil sebagai pengganti krim malam atau setelah memakai moisturizer yang berbahan utama air. Namun jika moisturizer kamu memiliki bahan dasar yang lebih berat, pakai face oil terlebih dulu sebelum moisturizer.

2. Face Oil Dicampur dengan Moisturizer

Jangan khawatir untuk mencampurkan moisturizer dengan face oil untuk mendapatkan hasil akhir kulit yang terlihat dewy atau kenyal. Kamu juga bisa menambahkan campuran face oil dengan primer atau alas bedak sebelum mengaplikasikannya pada wajah atau kulitmu.

Ilustrasi wanita memakai face oilIlustrasi wanita memakai face oil Foto: iStock

3. Jangan Menggosok Face Oil di Wajah

Cara memakai face oil, tuangkan dua hingga tiga tetes face oil ke telapak tangan. Selanjutnya, gosok minyak tersebut hingga merata pada tanganmu atau kamu dapat menaruh tetesan face oil satu persatu ke seluruh area wajah. Selanjutnya tepuk-tepuk telapak tangan ke area wajah. Agar maksimal, lakukan juga pemijatan lembut hingga minyak terserap sempurna ke wajahmu. Jadi yang benar adalah menggosoknya dulu di kedua telapak tangan, bukan menggosok-gosokkan face oil ke wajah.

4. Hanya Membutuhkan Beberapa Tes

Seperti dikutip dari Bustle, face oil dapat digunakan hanya dengan tiga hingga enam tetes dalam satu atau dua kali sehari, semuanya tergantung pada jenis kulitmu. Pada umumnya, semakin kering kulit yang kamu miliki, maka semakin banyak penggunaan face oil dan semakin sering pula kamu mengaplikasikannya.

5. Pilih Face Oil yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Face oil untuk kulit berminyak atau mudah berjerawat, gunakan yang kandungannya ringan seperti jojoba oil, hazelnut, wijen atau aprikot. Untuk jenis kulit yang normal hingga kering, kamu bisa menggunakan face oil yang kandungannya melembabkan seperti kelapa, almond atau bahkan shea.

Ilustrasi wanita memakai face oilIlustrasi wanita memakai face oil Foto: iStock

6. Campur Face Oil dengan Minyak Esensial

Kamu juga dapat mencampurkan face oil dengan minyak esensial untuk memberikan manfaat tambahan bagi kulit wajah. Misalnya penggunaan minyak esensial tea tree yang baik untuk mengobati jerawat dan minyak esensial lavender untuk mengurangi bengkak pada wajah.

7. Gunakan Face Oil Sebagai Krim Mata

Kamu dapat mengaplikasikan face oil pada bagian wajah yang lebih sensitif, seperti di bawah mata untuk menggantikan krim mata. Atau apabila kamu membutuhkan kelembaban yang ekstra, kamu dapat mengoleskan minyak kelapa untuk memberikan hidrasi yang lebih pada wajah.

8. Hidrasi Bibir dengan Face Oil

Penggunaan minyak kelapa atau jojoba dapat diaplikasikan pada bibir sekaligus pada wajahmu, hal ini dapat dilakukan untuk memberikan nutrisi tambahan bagi area bibirmu.

9. Face Oil untuk Alis dan Bulu Mata

Jika kamu mengaplikasikan face oil pada wajah, jangan lupa untuk mengaplikasikannya pada bulu mata dan alis juga. Penggunaan minyak argan dapat membantu melembabkan dan merangsang pertumbuhan dari alis dan bulu mata.

Itulah sembilan cara pakai face oil. Face oil memiliki banyak manfaat bila diaplikasikan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan penggunaan face oil kulitmu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan menjadi lebih sehat.



Simak Video "Menengok Rumah Pecatur Irene Sukandar yang Luasnya 3 Ribu Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)