4 Cara Menggunakan Face Oil yang Benar

Hestianingsih - wolipop Selasa, 21 Jan 2020 05:30 WIB
Ilustrasi cara menggunakan face oil yang benar. Foto: iStock
Jakarta - Sejak 2018, face oil jadi salah satu produk yang banyak digunakan wanita dalam rutinitas perawatan kulit. Face oil memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit karena mengandung nutrisi penting dan umumnya sangat minim tambahan bahan sintetis maupun kimia.

Namun banyak wanita yang masih bingung tentang cara menggunakan face oil. Sebelum atau sesudah produk skincare lain? Lebih baik face oil digunakan setelah serum atau pelembap?

Bagaimana urutan skincare menggunakan face oil yang benar? Simak tips menggunakan face oil berikut ini.


1. Pilih Face Oil Sesuai Jenis Kulit
Ilustrasi cara menggunakan face oil yang benar. Foto: iStock

Jenis dan bahan face oil sangat beragam dan masing-masing dibuat untuk mengatasi kebutuhan kulit yang berbeda. Maka dari itu sangat penting memerhatikan bahan utama pada produk face oil. Pilih face oil sesuai jenis kulit atau masalah yang sedang dialami kulit. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke beauty advisor atau membaca bahan-bahannya dengan seksama.

2. Urutan Menggunakan Face Oil
Ilustrasi cara menggunakan face oil yang benar. Foto: iStock

Inilah yang sering jadi pertanyaan para wanita saat memakai face oil. Ada yang menyarankan face oil digunakan sebelum moisturizer agar bisa terserap maksimal ke dalam kulit sebelum memakai produk pelembap, ada pula yang mengatakan sebaiknya face oil digunakan setelah moisturizer agar bisa mengunci kelembapan.

Urutan skincare menggunakan face oil biasanya tergantung dari jenis kulit. Biasanya untuk kulit berminyak yang sudah memproduksi sendiri minyak alami kulit, produk face oil akan lebih bekerja ketika diaplikasikan saat kulit dalam keadaan kering atau sedikit lembap, diamkan beberapa saat sampai terserap, baru dilanjutkan dengan produk lainnya. Sedangkan untuk kulit kering, lebih sesuai memakai moisturizer terlebih dahulu, baru face oil digunakan setelahnya.


3. Cara Mengaplikasikan Face Oil
Ilustrasi cara menggunakan face oil yang benar. Foto: iStock

Cara terbaik mengaplikasikan face oil adalah dengan menuangkan beberapa tetes face oil ke telapak tangan, lalu gosokkan kedua tangan agar suhunya lebih hangat. Dengan begitu face oil akan lebih mudah dan cepat terserap ke dalam kulit.

Setelah digosokkan ke kedua telapak tangan, tekan-tekan ke kulit sampai face oil menyerap ke wajah. Tekan sambil diamkan beberapa saat ke setiap area wajah agar manfaatnya lebih maksimal.

"Panas dari telapak tangan membantu minyak 'meleleh' dan terserap lebih dalam ke kulit," jelas pakar kecantikan Sarah Kugelman, seperti dikutip dari Style Caster.

4. Waktu Paling Baik Memakai Face Oil
Ilustrasi cara menggunakan face oil yang benar. Foto: iStock

Face oil digunakan saat pagi, malam, atau kedua-duanya? Ini juga yang banyak menjadi pertanyaan wanita saat ingin menggunakan face oil.

Kembali lagi, kapan waktu yang tepat menggunakan face oil tergantung dari jenis dan kondisi kulit. Sebab setiap kulit memproduksi minyak alami atau sebum sendiri, dalam kondisi berbeda-beda sepanjang hari.

Untuk kulit berminyak atau kombinasi, waktu penggunaan face oil harus lebih diperhatikan. Sebab kulit yang sudah memproduksi minyak alami akan sulit menerima bentuk minyak lainnya dari luar, misalnya produk face oil.

Secara umum sekresi sebum atau minyak alami kulit terjadi pada tengah malam hingga pagi hari. Hal itu menyebabkan kulit jadi lebih berminyak di siang hari. Pada sore hari menjelang malam, biasanya produksi sebum berkurang dan makin rendah di malam hari, tepat sebelum tidur atau sekitar pukul 21.00 - 22.00. Jadi untuk kulit berminyak, sebaiknya face oil digunakan saat malam hari. Sementara bagi yang kulitnya kering atau sangat kering face oil bisa digunakan di pagi hari untuk memberi kelembapan ekstra.

Itulah tips menggunakan face oil. Mulai dari urutan menggunakan face oil hingga waktu yang tepat mengaplikasikan face oil. Semoga bermanfaat.

Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)