5 Tahapan Pakai Skincare yang Tepat, Jangan Salah Urutan

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 25 Sep 2019 16:37 WIB
Ilustrai pakai skincare Foto: dok. iStock
Jakarta -

Masih banyak wanita yang kurang tepat dalam mengaplikasikan produk-produk skincare. Tak jarang masih banyak yang mempertanyakan, pakai pelembap lebih dulu atau justru sunscreen yang diawal?

Ada tahapan-tahapan pemakaian skincare yang perlu diketahui. Hal tersebut karena urutan dalam pemakaian produk penting diperhatikan agar skincare bekerja lebih efektif. Jangan sampai salah urutan, inilah lima tahapan pakai skin care yang tepat.



1. Produk Cleanser
Awal dari rangkaian skincare adalah membersihkan. Akan lebih baik jika kamu melakukan double-cleansing agar kulit bersih maksimal. Langkah pertama, hapus makeup terlebih dahulu dengan micellar water atau cleansing oil, lalu lanjutkan pakai facial foam.

2. Toner
Tahap kedua skincare adalah memakai toner. Di era '90 atau 2000-an, toner lebih berfungsi untuk membersihkan makeup atau mengangkat minyak. Dulunya, toner identik bikin wajah jadi kering karena kandungan alkohol yang tinggi. Namun kini produk toner telah berubah menjadi lebih memiliki fungsi sebagai perawatan kulit untuk melembapkan dan mepersiapkan kulit untuk pakai skincare setelahnya. Toner penting dipakai karena berguna untuk mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah dengan air dan sabun.

serum vitamin C dari Kiehlsserum vitamin C dari Kiehls Foto: dok. Kiehl's



3. Serum
Tahap ketiga skin care adalah aplikasi serum. Serum mengandung konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi ketimbang pelembap. biasanya bertekstur lebih ringan dan cair serta cepat terserap kulit. Jadi akan lebih efektif jika dioleskan sebelum pelembap. Tuangkan dua sampai tiga tetes serum ke telapak tangan, lalu gosokkan kedua telapak agar suhunya lebih hangat. Trik ini membuat serum lebih mudah terserap ke dalam ke kulit. Setelah itu tepuk-tepukan wajah untuk hasil yang maksimal.

Moisturizer dari NeutrogenaMoisturizer dari Neutrogena Foto: Istimewa


4. Moisturizer
Perlu diingat, serum bukanlah moisturizer. Kamu tetap memerlukan moisturizer untuk melembapkan dan 'mengunci' formula serum pada wajah. Setelah memakai serum, tunggu kira-kira lima menit sebelum aplikasi pelembap.

5. Sunscreen (untuk siang hari)/Face Oil (untuk Malam Hari)
Untuk perawatan di pagi hari, tutup skincare dengan mengoleskan sunscreen, setidakya SPF 15. Tak hanya mempertimbangkan SPF, Anda juga perlu mencari sunscreen dengan label PA atau protection grade. Label tersebut berhubungan dalam melindungi kulit dari UVA.

Untuk perawatan malam hari, gunakan face oil setelah pakai moisturizer. Banyak wanita yang memakai facial oil setelah serum. Padahal facial oil lebih efektif diaplikasikan setelah pelembap. Minyak punya kemampuan meresap ke kulit melewati lapisan pelembap. Kalau kamu pakai sebaliknya, minyak justru akan menghalangi jalannya pelembap ke dalam kulit.



Simak Video "Mengenal CTMP, Basic Skincare Routine yang Berkhasiat!"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)