Buntut Skandal Bullying, Brand Kosmetik Hapus Foto-foto Idol KPop dari Iklan

Hestianingsih - wolipop Senin, 01 Mar 2021 18:35 WIB
Soojin (G)I-DLE Soojin. Foto: dok. Cube Entertainment
Jakarta -

Dalam dua minggu terakhir ini dunia KPop bertubi-tubi diterpa isu bullying yang melibatkan nama idol hingga aktris. Mulai dari Hyunjin Stray Kids, aktris Park Hye Soo hingga Hyuna.

Tudingan bullying yang marak beredar di berbagai forum itu berimbas pada aktivitas mereka sebagai artis secara keseluruhan. Jadwal promo album tertunda hingga konferensi pers yang terpaksa dibatalkan.

Terbaru, brand kosmetik juga ikut mencabut iklan maupun kampanye yang menampilkan para idol tersandung kasus perundungan sebagai brand ambassador. Hingga saat ini terhitung ada dua brand kecantikan ternama Korea Selatan yang mencabut foto-foto mereka dari promo iklan di Instagram.

CLIO Menarik Semua Iklan Hyunjin Stray Kids

makanan favorit hyunjinHyunjin Stray Kids. Foto: instagram @straykidshyunjins

CLIO, brand makeup profesional Korea Selatan, menghapus semua unggahan foto promosi yang menampilkan Stray Kids dari platform media sosial seperti Instagram dan Twitter, per hari ini, Senin (1/3/2021). Penghapusan konten tetap dilakukan meskipun belum ada bukti terkait tuduhan bullying yang dialamatkan pada Hyunjin dan agensi sudah minta maaf.

Lewat surat terbuka, CLIO menjelaskan keputusan menghapus konten Stray Kids sebagai model terbaru mereka memang disebabkan karena tudingan bullying yang marak beredar. Mereka pun minta maaf karena tidak langsung merespons kontroversi yang beredar terkait Hyunjin Stray Kids.

"Menanggapi kontroversi yang terjadi, kami dari CLIO menghentikan semua bentuk promosi yang menampilkan model yang sedang dipermasalahkan. Agensi model tersebut telah menghubungi kami dan menjelaskan bahwa proses verifikasi mungkin akan memakan waktu beberapa lama. Maka dari itu, kami meminta semua distributor di Korea dan seluruh dunia untuk setop menggunakan konten apapun yang menampilkan sang model," tulis CLIO.

Brand yang berdiri sejak 1993 itu juga meminta maaf jika dalam prosesnya telah menimbulkan ketidaknyamanan. Mereka pun menjelaskan sedang meninjau kembali perjanjian kontrak dengan Stray Kids.

Padahal pada awal Februari 2021, CLIO mengumumkan bahwa Stray Kids akan jadi model terbaru mereka. Materi promosi juga sempat muncul lewat akun Twitter resmi @official_CLIO dengan meghadirkan foto Bang Chan dan Hyunjin.

Peripera Menghapus Semua Unggahan Foto Soojin (G)I-DLE dari Media Sosial

Soojin GIDLESoojin (G)I-DLE Foto: Instagram

Brand kosmetik Peripera juga mengambil langkah antisipasi terkait tuduhan bullying yang menimpa Soojin personil (G)I-DLE. Kepada media Korea Selatan, Sports Khan, Peripera menyatakan bahwa pihaknya sedang berdiskusi terkait kerjasama brand dengan Soojin.

Agensi (G)I-DLE, CUBE Entertainment, dan Soojin sendiri telah membantah tuduhan bullying. Namun Peripera tetap menghapus semua 'jejak' sang idol dari platform media sosial mereka di Instagram serta Twitter.

Sudah bukan hal aneh lagi ketika brand kosmetik menghapus konten bahkan membatalkan kontrak jika ada model mereka yang terlibat skandal. Khususnya yang berasal dari kalangan selebriti.

Kontroversi dan skandal sang model diyakini bisa berpengaruh buruk terhadap imej maupun penjualan produk mereka. Untuk itu banyak brand mengambil langkah cepat untuk meminimalisir efek negatif yang mungkin terjadi akibat adanya skandal.

(hst/hst)