4 Urutan Skincare Untuk Pria, Simpel Buat Dilakukan Tiap Hari

Lukita Wardani - wolipop Minggu, 30 Agu 2020 18:30 WIB
Handsome man applying face cream in the bathroom. Urutan skincare untuk pria. Foto: Getty Images/iStockphoto/nortonrsx
Jakarta -

Melakukan perawatan kulit wajah juga penting bagi pria tidak hanya wanita. Skincare untuk pria bisa mengatasi jerawat, mencerahkan, melembabkan wajah hingga mencegah penuaan dini. Bagaimana urutan skincare untuk pria?

Sebelum memakai skincare, pria perlu mengetahui jenis kulit yang dimiliki sehingga perawatan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Ada empat tipe kulit yaitu normal, berminyak, kering atau sensitif dan kombinasi.

Berikut urutan skincare untuk pria yang sangat mudah dan simpel dilakukan setiap hari:

1. Bersihkan Wajah dengan Facial Foam

Setiap pagi, basuh wajah kamu dengan pembersih wajah pria yang disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Membersihkan di pagi hari dapat menyegarkan dan menghilangkan kulit kusam dan kotoran. Sebelum tidur, basuh wajah kamu juga untuk mencegah minyak dan bakteri penyumbat pori lainnya yang menempel di wajah sepanjang hari.

2. Gunakan Scrub Wajah

Scrubbing wajah perlu pria lakukan setidaknya 1-3 kali seminggu. Gunakan scrub setelah membersihkan wajah dan tergantung dari jenis kulit. Pria dengan jenis kulit berminyak harus lebih sering melakukan eksfoliasi, sedangkan pria dengan kulit sensitif atau kering sebaiknya jangan terlalu sering.

Eksfoliasi bermanfaat menghilangkan sel-sel kulit mati dan penumpukan kotoran lainnya di kulit kamu. Semakin sedikit penumpukan di kulit, semakin sedikit pori-pori tersumbat dan muncul jerawat. Eksfoliasi membantu sel kulit baru tumbuh dengan lebih sehat.

Handsome young man with bare torso is washing his face, splashes of water around, gray backgroundUrutan skincare untuk pria, dimulai dari membersihkan wajah. Foto: thinkstock

Saat melakukan scrubbing fokuslah pada area tempat kulit mati seperti hidung, dahi dan leher. Setelah selesai, bilas dengan air dingin dan tepuk-tepuk hingga kering. Jangan pernah gunakan lebih dari tiga kali karena menyebabkan kekeringan, iritasi dan produksi minyak berlebih.

3. Pakai Pelembab atau Moisturizer

Lakukan hidrasi kulit pada pagi dan malam. Menghidrasi wajah atau melembabkan memberikan banyak manfaat seperti membuat kulit lebih kencang, mencegah kehilangan air dan memiliki efek anti penuaan. Jadi urutan skincare untuk pria selanjutnya adalah memakai pelembab atau moisturizer wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit kamu tidak dapat menahan kelembaban sebanyak dulu. Apalagi tubuh memproduksi protein kulit (kolagen) yang lebih sedikit. Sehingga pelembab memberikan hidrasi dan nutrisi penting pada sel kulit.

4. Aplikasikan Tabir Surya

Untuk mencegah penuaan pada kulit, tidak ada salahnya mengaplikasikan SPF (sun protection factor) pada pagi dan berulang di siang hari. Namun yang paling penting saat pagi hari. Mencegah masalah kulit dimulai dengan melindungi diri dari sinar matahari dan melawan proses penuaan. Gunakan tabir surya dengan SPF saat kamu akan berada di bawah sinar matahari lebih dari 30 menit dan pastikan memiliki setidaknya SPF 15.

Skincare untuk pria lainnya bisa mengoleskan krim mata untuk menyamarkan lingkaran hitam atau kantung di bawah mata. Selain itu juga kamu bisa gunakan krim anti aging atau serum sebelum tidur untuk mencegah penuaan, sehingga memicu proses restorative alami tumbuh.

Lakukan urutan skincare untuk pria ini dengan konsisten. Gunakan produk yang berkualitas agar kamu bisa memiliki kulit wajah yang sehat.

(eny/eny)