Jarang Disadari, Ini 6 Tanda Rambut dan Kulit Kepala Mengalami Penuaan

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 30 Sep 2020 19:00 WIB
Young woman brushing hair Foto: Thinkstock
Jakarta -

Setiap orang mengalami penuaan. Tanda-tandanya mungkin tidak bisa dihindarkan seiring pertambahan usia. Tak hanya kulit, kualitas organ-organ tubuh lain termasuk rambut pun biasanya akan berkurang. Penuaan pada rambut sendiri umumnya kurang disadari karena tidak terlalu terlihat ketika bercermin namun bisa dirasakan. Berikut enam tanda rambut dan kulit kepala kamu mengalami penuaan.

1. Kulit Kepala Bersisik
Sebagian orang berpikir jika rambut adalah awal mulai dari rambut mengalami penuaan. Namun penuaan sebenarnya dimulai ketika terjadi perubahan pada kulit kepala. Salah satunya saat teksturnya terasa bersisik. Menurut Sitoresmi selaku Senior Education Manager Kerastase, kulit kepala bersisik dan mengeluarkan butiran seperti ketombe disebabkan karena berkurangnya minyak alami juga regenerasi kulit.

2. Kulit Kepala Kaku
Rambut dan kulit kepala yang mengalami penuaan juga ditandai saat teksturnya kaku. Kulit kepala yang terasa kaku dan tidak nyaman biasa terjadi karena pengaruh polusi hingga proses penuaan alami pada tubuh.

3. Kulit Kepala Kendur
Seperti wajah dan organ tubuh lain, kulit kepala juga bisa jadi kendur. "Kulit jadi kendur dan tidak elastis karena kurang kolagen alami dan butuh hyaluronic acid," ungkap Sitoresmi dalam press converse virtual yang diadakan pada Rabu, (30/9/2020).

Close-up of a woman rinsing her hair Foto: Thinkstock

4. Rambut Terlihat Kusam
Mungkin kamu juga mendapati banyak warna rambut terlihat kusam belakangan? Masalah tersebut juga bisa menjadi salah satu tanda penuaan. Hal ini mulai terjadi ketika tubuh dan rambut kurang nutrisi dan pengaruh sinar matahari.

5. Rambut Rapuh
Kurang nutrisi juga bisa menyebabkan rambut rapuh sekaligus teksturnya terasa kasar. Problem yang bisa jadi tanda penuaan rambut dan kulit kepala ini dimulai saat batang rambut menjadi poros dan kutikulanya terbuka.

6. Helaiannya Menipis
Selain itu, rambut yang mulai mengalami penuaan juga umumnya akan menipis. Bukan hanya karena rontok dan jumlah rambut berkurang, tapi volume pada helaiannya juga akan menipis.

Penuaan memang tidak bisa dihindarkan selalu ada cara untukmemperlambatnya. Karena itu, merawat rambut sekaligus kulit kepala penting dilakukan sebelum atau setelah tanda-tanda di atas terlihat.

Untuk mengatasinya, Sitoresmi menyarankan tiga hal yang bisa dilakukan yakni dengan memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat dan makan asupan bernutrisi untuk memperbaiki sel kulit kepala dan batang rambut serta memproteksinya dari sinar matahari.

Melihat kebutuhan para wanita yang ingin mencegah dan merawat rambut dari penuaan, Kerastase pun menghadirkan rangkaian Chronologiste dengan formula lebih canggih dan produk yang lebih lengkap. Keseluruhan rangkaian yang terdiri dari berbagai produk ini berguna untuk membersihkan secara mendalam, menghidrasi, menutrisi, membuat bersinar, hingga memperbaiki kulit kepala.

Rangkaian produk Chronologiste pun hadir dengan tiga bahan utama yakni vitamin E untuk memperlambat penuaan, hyaluronic acid biasanya untuk mengenyalkan dan menghidrasi plumping serat rambut agar lebih tebal, dan teknologi Abyssine untuk revitalisasinya. n yakni Beberapa produk favorit yang ditawarkan dalam seri ini antara lain presampo, sampo, hair oil, hingga masker untuk digunakan di keseharian.

kerastasekerastase Foto: Instagram @kerastase
(ami/ami)