6 Tips Memilih Sunscreen yang Ideal untuk di Indonesia Menurut Dokter Kulit

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 24 Sep 2020 11:27 WIB
Suntan lotion. Woman applying sunscreen solar cream on face. Beautiful happy cute girl puts suntan cream from plastic container bottle on her nose and cheecks. Skincare concept. Female in straw hat and bikini on beach. Ilustrasi Penggunaan Sunscreen. Foto: iStock
Jakarta -

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk skincare yang wajib digunakan setiap hari. Namun sayang, belum banyak orang yang menyadari pentingnya penggunaan sunscreen bagi kulit. Selain itu, karena banyaknya produk sunscreen di pasaran, seringkali orang-orang merasa bingung untuk memilih. Oleh karena itu, dr. Arini Astasari Widodo Sp.KK memberikan beberapa penjelasan serta tips memilih sunscreen yang ideal untuk di Indonesia.

"UV indeks di Indonesia itu tinggi sekali. Jadi dia meningkatkan risiko hiperpigmentasi, penuaan, dan skin cancer. Lalu di Indonesia masalahnya adalah cuaca yang panas dan lembap. Nah risikonya, kita jadi prone to acne, lebih gampang merah-merah, kemudian kalau sunscreennya tidak stabil, dia bisa degradasi. Jadi sunscreen akan lebih mudah degradasi," jelas dr. Arini dalam press conference Anessa Beauty Sunscreen via Zoom pada Rabu (23/9/20).

Menurut dokter Arini, untuk mengatasi hiperpigmentasi dibutuhkan produk sunscreen yang bisa memberi perlindungan kuat terhadap UVA. Sedangkan untuk melindungi dari kanker kulit dan terbakar sinar matahari dibutuhkan produk sunscreen yang memiliki proteksi terhadap UVB yang baik. Dan karena cuaca yang panas dan lembap yang membuat kulit jadi lebih mudah berjerawat, maka dibutuhkan sunscreen yang non-comedogenic, photostable, dan tahan air. Berikut ini beberapa tips memilih sunscreen yang ideal untuk iklim tropis ala dokter Arini:

1. Mengandung SPF dan PA,
2. Minimal SPF 30++,
3. Water resistant atau tahan air,
4. Memiliki perlindungan terhadap UVA dan UVB,
5. Photostable,
6. Pilih produk yang memang disukai.

Memilih produk sunscreen yang memang disukai dan terasa nyaman menurut dokter Arini cukup penting. Karena penggunaan sunscreen harus diulang setiap dua jam sekali, sehingga jika produk tersebut terasa tidak nyaman saat dipakai, pasti kamu akan merasa malas untuk menggunakannya kembali. Selain itu, pastikan juga produk sunscreen yang dipilih sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

Demikianlah 6 tips memilih sunscreen yang ideal untuk iklim tropis menurut dokter kulit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(vio/vio)