Sering Pakai Lipstik Bikin Bibir Jadi Gelap? Ini Penjelasan Dokter Kulit

Hestianingsih - wolipop Senin, 14 Okt 2019 06:06 WIB
Penyebab bibir gelap. Foto: Thinkstock Penyebab bibir gelap. Foto: Thinkstock

Jakarta - Sering memakai lipstik disebut jadi salah satu penyebab warna bibir menjadi gelap atau hitam. Benarkah demikian? Menurut pakar, bisa ya, bisa tidak.

Dokter Shinta Damayanti, SpKK, mengatakan bahwa lipstik tidak selalu menjadi penyebab warna bibir gelap. Namun lebih disebabkan oleh kulit bibir yang sensitif terhadap bahan tertentu pada lipstik tersebut.

"Bibir menggelap karena reaksi dari kulit yang tidak cocok dengan lipstiknya. Jadi harus tahu mana lipstik yang cocok untuk bibir," kata Shinta, saat ditemui Wolipop di klinik kecantikan Erha, kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Shinta menjelaskan bahwa lipstik dengan hasil akhir matte lebih rentan menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada bibir. Maka dari itu ia menyarankan untuk memakai lipstik yang teksturnya lebih lembap jika kamu memang memiliki bibir sensitif.



"Lipstik dengan kandungan pelembap yang banyak lebih minim menimbulkan iritasi," tuturnya.

Cara mengatasi bibir yang jadi gelap akibat pemakaian lipstik adalah segera berhenti menggunakannya. Rawatlah bibir dengan lip balm atau lip moisturizer yang mengandung vitamin E dan bahan-bahan lain yang punya khasiat melembapkan.

"Kalau penyebabnya karena lipstik tidak cocok, maka dengan berhenti memakainya warna bibir akan kembali seperti semula," ujar wanita lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Namun untuk bibir yang gelap karena faktor keturunan, tidak bisa diatasi hanya dengan pemakaian pelembap. Satu-satunya cara untuk membuat bibir lebih cerah adalah dengan sulam bibir dan hasilnya tidak permanen.




Simak Video "Tren Lipstik Musim Panas Tahun 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)