Eyeshadow Charlotte Tilbury Tuai Kritik karena Dianggap Menghina Wanita

Hestianingsih - wolipop Selasa, 13 Agu 2019 10:53 WIB
Eyeshadow dan lipstik keluaran Charlotte Tilbury dinamai Walk of Shame. Foto: Instagram/@ctilburymakeup Eyeshadow dan lipstik keluaran Charlotte Tilbury dinamai 'Walk of Shame'. Foto: Instagram/@ctilburymakeup

Jakarta - Brand kosmetik dituntut untuk kreatif membuat nama-nama produknya semenarik dan seunik mungkin. Tapi jika tidak memerhatikan aspek budaya, maka kritikan hingga cemoohan yang akan didapat.

Seperti yang dialami brand kecantikan high-end Charlotte Tilbury. Merek kosmetik favorit selebriti dan beauty influencer ini menuai kritikan keras karena produk makeup yang baru saja dirilis.

Charlotte Tilbury meluncurkan palet eyeshadow dan lipstik dengan warna terbaru bernuansa pink. Koleksi tersebut diberi nama 'Walk of Shame'.


Seperti produk-produk sebelumnya, palet eyeshadow keluaran Charlotte Tilbury selalu berhasil menarik perhatian pencinta makeup karena warna-warna yang cantik dan pigmentasinya bagus. Termasuk palet 'Walk of Shame' dengan kombinasi warna berry, peach serta copper yang shimmery.

Namun pemilihan nama produk tersebut yang dipermasalahkan sejumlah netizen. Charlotte Tilbury dikritik karena bernada merendahkan wanita. 'Walk of shame' merupakan sebuah idiom yang pernah digunakan untuk menghina wanita dengan sexual agency, yakni kebebasan wanita menunjukkan ketertarikannya terhadap seks. Baik itu secara heteroseksual, homoseksual maupun aseksual.

[Gambas:Instagram]


Idiom 'walk of shame' seharusnya tidak digunakan lagi, karena berkaitan dengan perilaku slut-shaming, atau menghina seseorang karena seksualitasnya. Slut-shaming biasanya menyerang wanita dan remaja perempuan.

Charlotte Tilbury pun dianggap tidak sensitif dengan isu soal seksualitas tersebut, karena menamai palet eyeshadow dan lipstiknya dengan 'Walk of Shame'. Sebab sebagai produk yang target pasar utamanya adalah wanita, tidak seharusnya dipilih nama yang justru merendahkan wanita.

"Nama dari palet eyeshadow ini agak membuatku terganggu," tulis salah satu netizen.

"Penamaan dari palet yang sangat cantik ini sepertinya sebuah kelalaian," balas netizen lainnya.


Palet eyeshadow terbaru Charlotte Tilbury ini dijual seharga £39.99 atau Rp 689 ribuan. Sementara lipstiknya dibanderol £16 - £24 atau sekira Rp 275 ribuan - Rp 413 ribuan.

Terkait kritikan dari netizen terhadap produknya, Charlotte Tilbury belum memberikan komentar.

Simak Video "Tips Aplikasikan Lipstik Sesuai Jenis Bibir dan Warna Kulit"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)