Kata Dokter Malam Hari Waktu Paling Tepat Pakai Deodoran, Ini Alasannya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 12 Jul 2019 12:14 WIB
Ilustrasi wanita memakai deodoran. Foto: Dok. iStock Ilustrasi wanita memakai deodoran. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Deodoran yang dipercaya bisa mengurangi keringat biasanya dipakai di pagi hari setelah mandi. Ternyata kebiasaan memakai deodoran di pagi hari ini kurang tepat. Justru menurut pakar, malam harilah waktu paling sempurna untuk mengaplikasikan deodoran ke ketiak.

Pemakaian deodoran di malam hari ini dijelaskan oleh dr. Melyawati Hermawan, SpKK. Kenapa malam hari? Karena di malam hari kelenjar keringat paling tidak aktif.

"Di malam hari deodoran lebih bekerja efektif karena bekerja di tempat targetnya yaitu kelenjar keringat. Dan malam hari itu lebih tenang dan tidak banyak aktifitas. Sehingga salurannya itu clear dan bisa penetrasi ke dalam, ke kelenjar, sehingga bisa bikin blocking di situ dan produksi kelenjar keringat keesokan hari itu tidak sampai ke permukaan karena sudah ada yang dipakai malam hari," jelas dr. Melyawati saat ditemui di acara media gathering Dove Sensitive Deodorant di The Hermitage Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).



Setelah memakai deodoran di malam hari dan didiamkan selama kurang lebih 6 - 8 jam menurut dr. Melyawati pada pagi harinya sebaiknya jangan bersihkan area ketiak saat mandi.

"Paginya tidak perlu dicuci lagi. Karena deodoran itu dipakainya satu kali sehari. Deodoran yang baik seharusnya bisa mengcover keringat," ujarnya.

Dalam pemakaian deodoran, dr. Melyawati menyarankan dipakai setelah mandi dengan kondisi ketiak yang sudah benar-benar kering. Jika dipakai di kulit yang masih lembab bisa menyebabkan iritasi.

Simak Video "Unjuk Gigi Desainer Lokal di Banyuwangi Fashion Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)