Nggak Cuma Segar Dibuat Jus, Ini 5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit

Hestianingsih - wolipop Selasa, 25 Jun 2019 10:38 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

Jakarta - Manfaat mengonsumsi tomat selain baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, juga sebagai antioksidan bagi kesehatan kulit.

Selain dikonsumsi dengan cara dimakan atau dibuat jus, manfaat tomat bagi kulit juga bisa didapat jika diaplikasikan langsung. Apa saja? ini manfaat tomat untuk kecantikan kulit yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Memudarkan Noda Hitam
Ingin memudarkan noda atau mencerahkan warna kulit? Manfaatkan masker tomat yang dicampur dengan perasan lemon. Baik lemon maupun tomat memiliki sifat pencerah kulit alami yang dapat membantu meratakan warna kulit, hiperpigmentasi dan mencerahkan bekas jerawat. Oleskan masker tomat dan lemon minimal satu kali seminggu.



2. Melindungi Kulit dari sinar UV
Selain menghilangkan noda hitam ternyata tomat juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Kandungan lycopene dalam tomat akan melindungi kulit dari sinar UV sehingga dapat menjadikannya tabir surya alami.

Namun perlu diketahui, konsumsi tomat hanya akan membantu memaksimalkan perlindungan kulit terhadap sinar matahari, bukan sebagai satu-satunya elemen. Kamu tetap harus memakai krim tabir surya, mengenakan jaket atau baju lengan panjang dan topi jika akan berada seharian di luar rumah.

3. Meremajakan Kulit
Manfaat lain dari tomat adalah kandungan astringent alami yang membantu mengencangkan pori-pori. Kulit menjadi terlihat lebih halus dan tidak mudah berkerut.

4. Menyamarkan Kantung Mata
Kantung mata yang bengkak dapat disebabkan kurangnya nutrisi atau jam tidur. Manfaatkan masker tomat yang dicampur dengan lidah buaya. Kandungan dalam tomat bermanfaat membantu mencerahkan dan mengencangkan kulit di sekitar bagian bawah mata.

Sementara lidah buaya merupakan sumber antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk membantu mengatasi kantung mata bengkak. Tapi tidak semua orang aman memakai masker tomat dan lidah buaya, karena ada beberapa yang memiliki kulit sensitif. Sebaiknya tes terlebih dahulu di belakang telinga. Jika menimbulkan reaksi seperti gatal, perih dan kemerahan, maka sebaiknya dihindari.



5. Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari
Tomat sangat efektif dalam menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari setelah berjemur seharian. Oleskan gunakan jus tomat dingin menggunakan kapas ke area kulit yang terbakar, lalu biarkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air. Kulit akan kembali ke keadaan semula. (hst/kik)