Halal atau Tidak? Ini Kandungan Kosmetik yang Wajib Diwaspadai Muslimah

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 13 Jun 2019 11:37 WIB
Ilustrasi tips memilih kosmetik untuk muslimah. Foto: iStock Ilustrasi tips memilih kosmetik untuk muslimah. Foto: iStock

Jakarta - Wanita kini semakin memiliki kesadaran yang tinggi dalam memilih produk kosmetik, entah itu skin care ataupun makeup. Terlebih bagi kaum muslimah yang merasa lebih tenang jika produk kosmetik tersebut memiliki sertifikasi halal pada label produknya.

Sayangnya, belum banyak produk kosmetik yang sudah bersertifikasi halal. Jika ragu akan kehalalan sebuah produk kosmetik yang ingin dibeli, sebaiknya cari tahu dulu kandungannya. Seperti dikutip Glamour, inilah kandungan kosmetik yang wajib diwaspadai muslimah.

1. Keratin
Bahan keratin terdapat pada produk rambut. Keratin dibuat dari protein natural dari tubuh binatang. Hal tersebut dinilai tidak halal untuk dijadikan sebagai bahan kosmetik.

2. Zat Pewarna Karmin
Karmin merupakan zat perwarna yang biasa ditemukan dalam lipstik. Mungkin kamu pernah mendengar bahwa kumbang ditumbuk dan dijadikan sebagai pewarna lipstik. Zat ini masih menjadi kontroversi soal kehalalannya. Ahli fiqih menyebut zat pewarna dari serangga adalah haram. Namun sejumlah ulama menyebut bahwa zat tersebut boleh saja dimanfaatkan.



Ilustrasi kosmetik.Ilustrasi kosmetik. Foto: Dok. Simply Me Beauty


3. Asam Oleat
Oleic acid atau Asam Oleat menjadi kandungan di berbagai produk kecantikan seperti sabun, pasta gigi hingga krim-krim wajah. Bahan ini biasa ditemukan pada lemak babi sehingga haram jika digunakan.

4. Alkohol Lanolin
Alkohol Lanolin yang terkandung dalam produk kosmetik masih diragukan kehalanannya karena bisa jadi mengandung minyak dari kulit babi. Sebaiknya zat ini diwaspadai untuk digunakan pada kosmetik.

5. Gelatin
Sudah umum jika gelatin mengandung babi. Kandungan gelatin pada makanan atau kosmeti adalah haram karena dibuat dari rebusan kulit dan tulang-belulang babi. (kik/eny)