7 Fakta James Charles, YouTuber yang Heboh Berseteru dengan Tati Westbrook

Hestianingsih - wolipop Minggu, 12 Mei 2019 14:08 WIB
Tati Westbrook dan James Charles. Foto: YouTube Tati Westbrook dan James Charles. Foto: YouTube

Jakarta - Perseteruan antara sesama beauty influencer James Charles dan Tati Westbrook menghebohkan media sosial dan menarik perhatian para pencinta makeup. James dituding tak tahu terima kasih pada Tati, yang disebut telah membantunya mencapai puncak kariernya saat ini.

Keributan yang terjadi pada dua influencer yang pernah menjadi sahabat ini berujung pada James Charles yang kehilangan sekitar satu juta subscriber di YouTube. Kini 'pelanggan' akun YouTube-nya tinggal 15 jutaan dari yang awalnya 16 jutaan.

Popularitas James Charles sebagai YouTuber dan influencer memang terbilang cepat. Hanya perlu waktu kurang dari setahun baginya untuk terkenal dan mendapat kontrak kerja sama dari berbagai brand kecantikan yang mendatangkan pundi-pundi uang. Ini beberapa fakta tentang James Charles.

1. Viral karena Foto Buku Tahunan Sekolah
Foto: Twitter

Karier James Charles bermula dari postingan foto buku tahunan sekolah, saat ia berusia 17 tahun. Melakukan pemotretan sendiri, foto James berbeda dari teman-teman sekolah lainnya.

Pria asal New York ini tampil dengan wajah full makeup dan rambut cepol atas. Saat pemotretan, dia membawa ring light sendiri untuk mengaksentuasi highlighter yang membuat wajahnya terlihat glowing. Karena foto tersebut, ia pun jadi sensasi dalam semalam.


2. Pria Pertama yang Jadi Model Brand Makeup CoverGirl
Foto: Dok. CoverGirl

Hanya satu bulan setelah foto tahunan sekolahnya viral, James Charles didapuk menjadi model brand makeup ternama Amerika, CoverGirl. Saat itu ia membintangi kampanye produk maskara. James tampil bersama bintang CoverGirl lainnya yaitu Katy Perry dalam foto kampanyenya. Kala itu, jumlah followers James masih 430 ribuan.

3. Kembali Viral karena Fidget Spinner
Foto: Instagram

Saat mainan fidget spinner jadi hits di kalangan anak muda pada pertengahan 2017, James Charles tak menyia-nyiakan momen untuk membuatnya makin terkenal. Pria 20 tahun ini pun membuat tutorial makeup memakai fidget spinner yang kemudian jadi viral. Namun ia berujar kalau tutorial tersebut bukan untuk ditiru, tapi sekadar lucu-lucuan untuk menjaring lebih banyak subscriber.

4. Belajar Makeup Sendiri
Foto: Dok. Getty Images, Instagram

James Charles kerap tampil dengan makeup on point, baik saat menghadiri acara maupun postingan foto dan video. Kemampuannya ber-makeup didapat secara otodidak. Di awal kariernya, James banyak mendapat pengetahuan berdandan dari video di YouTube dan banyak latihan sendiri.

5. Sempat Dihujat karena Makeup
Foto: Getty Images

Influencer yang pernah membuat tutorial makeup bersama Kylie Jenner ini banyak mendapat kritik dan kecaman dari netizen, karena dia pria dan suka tampil dengan makeup tebal. Komentar negatif biasanya datang dari mereka yang tidak suka ide pria memakai makeup. Oleh karena itu dia memakai fitur filter untuk menyaring komentar-komentar buruk di media sosial.

"Sekarang Instagram punya fitur filter, jadi aku menyingkirkan komentar yang mengandung kebencian, tapi kadang masih ada saja (komentar negatif) yang lolos," tuturnya kepada Cosmopolitan.

6. Komentar Rasis Membuat Kariernya Hampir Hancur
Foto: Getty Images

Perseteruan dengan Tati Westbrook bukanlah kontroversi pertamanya. Pada 2017, James Charles dihujat netizen karena cuitan rasis tentang Afrika. Saat ikut trip sekolah ke Afrika, James nge-tweet, "Aku nggak percaya kami pergi ke Afrika hari ini omg gimana kalau nanti kena Ebola?"

Dihujani kritik, James pun menghapus cuitannya dan minta maaf. Ia sadar pernyataannya sudah membuat orang lain tersinggung. Meski begitu, ia tetap mendapat hujatan selama beberapa waktu setelahnya.


7. Hampir Tak Bisa Melihat
Foto: Instagram/@jamescharles

James Charles punya penglihatan yang buruk. Ia tak bisa melihat jelas tanpa bantuan penglihatan seperti kacamata dan lensa kontak. Tapi keterbatasan itu tak menghambat kariernya sebagai beauty influencer. Sehari-harinya ia memakai lensa kontak untuk membantunya melihat.

"Lensa kontakku diresepkan sama seperti kacamata yang aku pakai sehari-hari. Setelah seharian pemotretan, biasanya mataku jadi sangat kering jadi terkadang terasa perih. Yah, menurutku cantik itu benar-benar sakit!" katanya, seperti dikutip dari The List.


7 Fakta James Charles, YouTuber yang Heboh Berseteru dengan Tati Westbrook
(hst/hst)