Pertamakalinya Wardah Ungkap Isi Pabriknya yang Hasilkan 135 Juta Kosmetik

Silmia Putri - wolipop Selasa, 16 Apr 2019 21:13 WIB
Area pabrik Wardah. Foto: Silmia Putri/Wolipop Area pabrik Wardah. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Jakarta - Industri kecantikan di Indonesia berkembang dengan pesat. Selalu ada produk baru yang bermunculan hampir di setiap minggu. Brand kosmetik lokal semakin inovatif, dan berusaha menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Salah satu brand kosmetik yang menduduki puncak di Indonesia adalah Wardah. Mengusung konsep kosmetik halal, Wardah kian populer di negeri yang didominasi oleh muslim ini.

Setiap tahunnya, Wardah mengeluarkan 135 juta produk yang berbeda. Rencananya, brand tersebut akan mengeluarkan 230 jenis produk baru di sepanjang tahun 2019-2020.

Bisa menghasilkan produk dengan cepat, banyak, dan bervariasi, seperti apa pabrik kosmetik ini? Untuk pertama kalinya Wardah mengungkap isi pabriknya kepada awak media, berikut fakta-fakta yang terungkap.

1. Luas Area Pabrik 20 Hektar

Pertamakalinya Wardah Ungkap Isi Pabrik ke Publik yang Luasnya 20 HektarArea Research & Innovation Center Wardah. Foto: Dok. Wardah

Wardah memiliki area pabrik dan Research & Innovation Center Center yang sangat luas, di Kawasan Industri Jatake Tangerang. Luasnya diperkirakan sekitar 20 hektar.

Luas tersebut dibagi ke dalam tujuh lokasi. Ada empat pabrik besar yang dibagi berdasarkan tekstur produk seperti pabrik produk liquid, semisolid, dan powder.

2. Pabrik Wardah Sudah Mendapat Sertifikasi CPKB

Pertamakalinya Wardah Ungkap Isi Pabrik ke Publik yang Luasnya 20 HektarPabrik emulsi Wardah. Foto: Dok. Wardah

Tidak semua pabrik kecantikan mendapat sertifikasi CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik), karena persyaratannya cukup sulit. PT Paragon Technology secara keseluruhan sudah mendapatkan sertifikasi tersebut sebagai sebuah syarat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Ada 11 aspek yang harus diawasi. Contohnya seperti Sumber Daya Manusia (SDM), bangunan dan fasilitasnya, peralatan, sanitasi dan hygine, zona produksi, hingga pengawasan mutu.

3. Mengemas 75 Lip Cream Per Menit

Pertamakalinya Wardah Ungkap Isi Pabrik ke Publik yang Luasnya 20 HektarPabrik lip cream Wardah. Foto: Dok. Wardah

Lip cream yang menjadi produk best seller diproduksi di pabrik emlusi. Prosesnya terdiri dari tiga tahap yaitu proses penimbangan, pengolahan dan pengemasan.

Proses pengemasan dilakukan oleh mesin dan tangan manusia. Dalam proses pengemasan, ada 75 lip cream yang dihasilkan setiap menitnya. Satu hari produksi bisa menghasilkan sekitar 100 ribuan lip cream.

4. Memiliki 10.000 Karyawan

Pertamakalinya Wardah Ungkap Isi Pabrik ke Publik yang Luasnya 20 HektarKaryawan Wardah sedang makan siang. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Memproduksi 135 juta produk per tahun, Wardah tentunya memerlukan karyawan dengan jumlah yang banyak. Total karyawannya sekarang berjumlah 10.000 orang dari berbagai bidang.

Karyawannya juga didominasi oleh generasi millenials. Spirit generasi muda sangat terasa baik di area Research & Innovation Center maupun pabriknya.

5. Memiliki Laboratorium dengan Sistem yang Cepat

Pertamakalinya Wardah Ungkap Isi Pabrik ke Publik yang Luasnya 20 HektarLaboratorium Wardah. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Untuk bisa bersaing, Wardah terus berinovasi menciptakan produk baru dalam waktu yang cepat. Salah satu strateginya adalah dengan membuat laboratorium yang canggih.

Ada empat laboratorium utama, dan empat laboratorium pendukung. Setiap peneliti maupun eksekutor duduk di ruangan yang sama. Ada beberapa sistem yang membuat gerakan mereka cukup cepat seperti penggunaan barcode pada bahan-bahan kimia.
(sil/sil)