4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Nada Saffana - wolipop Senin, 26 Nov 2018 09:17 WIB
Empat cara menghilangkan bruntusan di wajah. Foto: Thinkstock
Jakarta - Wajah bruntusan merupakan hal yang menjengkelkan selain jerawat dan komedo. Walaupun hal ini wajar, banyak orang ingin menghilangkan bruntusan di wajah karena dianggap mengganggu penampilan.

Melansir laman Verywellhealth.com, jerawat papules atau bruntusan muncul ketika folikel rambut yang lebih sering disebut pori-pori tersumbat sel-sel kulit mati dan minyak berlebih. Sumbatan ini disebut komedo.

Minyak berlebih pada wajah merupakan 'makanan empuk' bagi bakteri propioni acnes penyebab bruntusan. Akibatnya kulit menjadi merah, meradang, gatal hingga sakit. Benjolan-benjolan merah berukuan kecil ini lalu berkembang menjadi jerawat pustule ketika sudah membentuk nanah. Lantas bagaimana cara menghilangkan jerawat bruntusan? Ikuti empat cara menghilangkan bruntusan yang bisa kamu coba di rumah.

1. Bersihkan Wajah dari Make Up dengan Benar
4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah yang Bisa Kamu Coba di RumahMembersihkan wajah dengan benar adalah langkah penting menghilangkan bruntusan. Foto: Thinkstock

Pastikan wajah bersih dari makeup sebagai langkah pertama menghilangkan bruntusan. Residu makeup, debu hingga minyak bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan bruntudan apabila tidak dibersihkan secara total.

Jangan lupa lakukan double cleansing dengan menggunakan cleansing oil atau micellar water. Kemudian lanjutkan dengan facial foam. Lengkapi tahapan membersihkan wajah dengan toner.

2. Rajin Eksfoliasi
4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah yang Bisa Kamu Coba di RumahLakukan eksfoliasi kulit atau pengelupasan untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Foto: shutterstock

Pengelupasan kulit juga jadi tahapan penting dalam menghilangkan bruntusan. Dilansir Theklog.com, produk mengandung Beta Hydroxy Acid (BHA) bisa digunakan untuk perawatan wajah bruntusan. BHA merupakan asam salisilat yang larut dalam minyak sehingga bisa membersihkan pori-pori dan lapisan kulit lebih mendalam.

Sementara Alpha Hydroxy Acid (AHA) membantu melembapkan kulit sekaligus mengelupaskan dengan lembut di permukaan kulit, sehingga cocok untuk jenis kulit cenderung kering. Intinya, dua jenis chemical peeling atau eksfoliator berbahan kimia tersebut mampu membersihkan pori-pori dan kulit secara mendalam, sehingga membantu bruntusan cepat menghilang.

3. Gunakan Obat Totol Jerawat
4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah yang Bisa Kamu Coba di RumahGunakan obat totol jerawat untuk membantu mengatasi bruntusan di wajah. Foto: Getty Images

Obat totol yang dikenal ampuh untuk menghilangkan bruntusan biasanya mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat, atau sulfur. Pilih produk yang kandungan pembasmi jerawatnya paling cocok untuk kulit. Obat totol jerawat umumnya lebih efektif dipakai pada malam hari sebelum tidur, saat proses regenerasi kulit sedang aktif-aktifnya.

4. Gunakan Pelembap
4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah yang Bisa Kamu Coba di RumahPakai pelembap secara rutin untuk membantu menghilangkan bruntusan di wajah. Foto: ist

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membantu proses menghilangkan bruntusan. Terlebih lagi setelah eksfoliasi dan penggunaan totol jerawat yang membuat kulit cenderung kering. Oleskan pelembap pagi dan malam hari secara teratur. (hst/hst)