Laporan dari Bangkok

Perawatan Kulit Tercanggih di Thailand, Alatnya Mirip Senjata di Star Wars

Silmia Putri - wolipop Sabtu, 01 Sep 2018 12:34 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Memiliki kulit yang kencang dan tak menua jadi dambaan setiap wanita. Tak heran jika teknologi anti aging terus berkembang. Beragam macam jenis produk hingga alat untuk mengurangi kerutan semakin banyak ditemukan.

Salah satu alat tercanggih untuk mengatasi kulit kendur adalah Innojecter. Alat ini masih sangat jarang ditemukan di Asia. Satu-satunya klinik di Thailand yang menyajikan perawatan ini adalah Dr. Orawan Holistic & Anti Aging Institute.

Wolipop berkesempatan langsung menemui Dr. Orawan di acara Amazing Thailand Health & Wellness Trade Meet 2018 yang dihelat oleh The Tourism Authority of Thailand (TAT) hari Kamis (30/08/2018) di The Athenee Hotel, Bangkok. Dr. Orawan mengungkap Innjojecgrt jadi perawatan anti-aging yang paling aman dibandingkan filler dan botox.

Perawatan Kulit Tercanggih di Thailand, Alatnya Mirip Senjata di Star WarsFoto: Istimewa


"Ini adalah inovasi. Injeksi ini tidak pakai jarum, jadi tidak sakit. Ini juga aman, tidak seperti filler. Filler memiliki dampak negatif. Sudah ada 34 kasus mata buta di dunia akibat filler," tutur Dr. Orawan kepada Wolipop.

Bentuk alat ini menyerupai senjata di film Star Wars. Dokter yang menggunakan alat ini pun harus memakai kaca mata hitam, seperti mau perang. Penggunaannya pun tak bisa sembarangan. Untuk itu, Dr. Orawan melakukan pelatihan khusus para dokter agar bisa memakai alat tersebut.

"Kita menyuntikkan cairan khusus ke dalam kulit tanpa ada efek samping. Bisa di mana saja sesuai kebutuhan, mulai dari kepala, pipi, dagu, kening, hingga payudara," terang sang dokter.

Suntikannya tidak menggunakan jarum biasa tapi menggunakan micro-jet induced yang berukuran sangat kecil. Alatnya tidak menyentuh wajah, tapi 'ditembak' dari jarak yang sangat dekat. Prosesnya berlangsung cepat dengan daya pegas yang kuat sehingga masuk ke lapisan epidermis tanpa rasa sakit.

"Konsep Innejector ini seperti 'water gun'. Dia tidak menyentuh kulit, tp 'menembak' cairan dengan partikel yang sangat kecil dengan kekuatan yang besar hingga langsung masuk ke lapisan kulit paling dalam," tambah Ian Pazgon, tim Marketing klinik Dr. Orawan.

Cairan yang disuntikkan ke dalam epidermis itu merangsang regenerasi kolagen yang membuat lapisan dermis pada kulit lebih tebal dan mempercepat penyembuhan bekas luka. Keluhan seperti kulit kendur dan lubang bekas jerawat bisa diatasi dengan waktu yang relatif sebentar.

Dengan perawatan yang memakan waktu 10-30 menit, hasilnya langsung terlihat. Namun, untuk hasil optimal diperlukan perawatan kembali dua sampai tiga kali dalam tiga sampai enam bulan, bergantung pada permasalahan kulit.

"Harganya juga bergantung pada permasalahan kulit, bergantung pada volumenya (cairan yang dibutuhkan). Normalnya untuk face lift up itu sekitar 100.000 Baht. Ini tanpa operasi sama sekali," tutur sang dokter yang berusia 62 tahun ini.

Klinik ini sudah melayani pasien dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, pasien dari Indonesia tidak terlalu banyak, tapi hampir selalu ada setiap tahunnya.

Selain Dr. Orawan Holistic & Anti Aging Institute, masih banyak klinik kecantikan di Thailand yang menyajikan perawatan anti aging. Sejumlah operasi kecantikan seperti operasi hidung dan kelopak mata ditawarkan dalam beragam macam harga. Ikuti terus perjalanan Wolipop dalam Health and Wellness Trip bersama Tourism Authority of Thailand (TAT) untuk info menarik lainnya. (sil/kik)