Tren Membesarkan Payudara Pakai Pasta Gigi, Ini Pendapat Dokter Ahli

Hestianingsih - wolipop Jumat, 03 Agu 2018 19:00 WIB
Ilustrasi tips membuat payudara lebih besar. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Baru-baru ini viral video tutorial mengencangkan dan membesarkan payudara menggunakan campuran pasta gigi dan tepung terigu. Naturalbeauty556, channel yang mengunggah video dengan 7,7 juta views tersebut, mengklaim resepnya itu bisa membuat payudara lebih indah hanya dalam lima hari.

Pasta gigi dikatakannya bisa membantu mengecilkan pori-pori sehingga payudara jadi terlihat lebih kencang dan padat. Tidak sedikit wanita yang mencoba meniru cara 'murah meriah' ini demi mendapatkan payudara lebih kencang dan besar.

Tapi jika dilihat dari sisi medis, apakah pasta gigi memang efektif meningkatkan kekencangan dan ukuran payudara?

Baca Juga: Viral, Wanita Pakai Pasta Gigi untuk Kencangkan dan Memperbesar Payudara

Pakar kesehatan wanita Jennifer Wider, M.D., memberikan jawabannya. Menurutnya, pasta gigi bukanlah bahan yang efektif mengencangkan dan memperbesar payudara secara permanen.

"Mungkin akan memberikan efek lebih kencang pada payudara saat pasta giginya mengering, tapi nantinya juga cepat hilang ketika kamu membilasnya," kata Jennifer, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

Kalaupun ada efek yang paling dirasakan saat memakai campuran pasta gigi, tepung terigu, putih telur dan ketimun ini, menurut Jennifer lagi, adalah sensasi dingin pada payudara. Kulit di sekitar payudara juga akan beraroma mint segar. Tapi tak lebih dari itu.

Ditambah lagi, Jennifer mengkhawatirkan akan terjadi iritasi pada kulit yang sensitif. Formula mint pada pasta gigi bisa saja menyebabkan merah-merah, gatal juga ruam.

Senada dengan Jennifer, Christopher Inglefield dari London Bridge Plastic Surgery & Aesthetic Clinics, juga meragukan efektivitas dari memakai pasta gigi, vaseline atau bahan-bahan dapur lainnya dalam membesarkan dan mengencangkan payudara. Christopher berpendapat metode tersebut aneh.

"Saran yang aneh ini menyasar banyak wanita yang tidak senang dengan ukuran payudaranya dan mereka yang mungkin ingin mencari solusi ajaib dari permasalahan yang dialami. Sayangnya, seperti banyak panduan lain (yang beredar) di internet, metode pakai vaseline dan pasta gigi untuk pembesaran payudara adalah berita palsu," jelas Christopher.

Dia melanjutkan, "Payudara Anda mungkin akan beraroma segar mint, tapi tidak akan ada yang namanya pertumbuhan (pada payudara)."

Beauty blogger MakeUpMesha pun mencoba tren ini. Selain pasta gigi dan tepung terigu, beredar pula tren kecantikan dengan menggosokkan pasta gigi dan Vaseline ke payudara serta puting untuk membuatnya lebih besar.

Baca Juga: Payudara Disebut Palsu, 3 Seleb Pakai Cara Tak Terduga Buktikan Keasliannya

Setelah mencoba, MakeUpMesha juga tidak merasakan adanya perubahan signifikan pada payudaranya.

"Nggak berhasil. Aku mencobanya setiap malam, seperti orang idiot," katanya dalam video yang diunggahnya di YouTube.

"Video-video di YouTube bilang bisa meningkatkan dan memaksimalkan jaringan payudara. Tidak - tidak bekerja sama sekali! Jangan seperti aku. Jangan menggosokkan pasta gigi atau Vaseline ke putingmu karena itu tidak akan memperbesar payudaramu," katanya lagi.


(hst/eny)