Ini Bahaya Tidak Pakai Sunscreen Saat Naik Pesawat Bagi Kulit

Alisa Kintan - wolipop Senin, 16 Apr 2018 07:22 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Ketika sedang travelling menggunakan pesawat ada umumnya ada satu hal penting yang sering dilupakan. Memakai sunscreen.

Walaupun kamu merasa di dalam pesawat tidak terkena panas, namun ternyata serangan sinar matahari saat duduk di dalam pesawat, apalagi di kursi yang dekat jendela, akan semakin berbahaya bagi kesehatan kulit.

"Meskipun jendela pesawat dapat menghalangi sinar UVB, namun sinar UVA tidak bisa terhalangi, apalagi sinar ini akan semakin kuat bahayanya jika kita berada di puncak ketinggian," ujar dermatologist dan asisten profesor Weill Cornell Medical College, Dr. Marisa Garshick, seperti dikutip dari InStyle.

Fakta ini didapatkan setelah sebuah hasil studi dari JAMA Dermatology mengungkapkan, jika kulit terkena sinar UV di dalam pesawat dengan ketinggian 30 ribu kaki selama 56 menit, sama dengan jika kita bersantai di tanning bed (tabung untuk menggelapkan kulit) selama 20 menit. Sangat bahaya ternyata!

Baca Juga: 6 Bagian Tubuh yang Sering Terlupakan Saat Pakai Sunblock
Ini Bahaya Tidak Pakai Sunscreen Saat Naik Pesawat Bagi KulitSinar matahari di dalam pesawat. Foto: Thinkstock

Tidak hanya para penumpang pesawat yang berisiko terpapar sinar UV. Bahaya kerusakan kulit juga menghampiri para pilot serta kru. Malah mereka lebih tinggi risiko terkena kanker kulit akibat sinar UV ini, dikarenakan tuntutan pekerjaan yang berkelanjutan di atas udara.

Maka dari itu mereka harus memperhatikan perawatan kulit saat di pesawat lebih serius lagi.

Baca Juga: Sunscreen Dalam Bentuk Krim atau Spray, Mana yang Lebih Baik?

"Sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA juga UVB, karena sinar UVA yang dapat mengakibatkan penuaan pada kulit serta penyebab kanker kulit," kata Dr Marisa.

Ia menyarankan untuk memakai sunscreen yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, biasanya bertulisan PA++ serta memiliki kandungan SPF 30. jangan lupa juga memakai sunscreen setidaknya 30 menit sebelum penerbangan, dan kembali oleskan lagi setiap 2 jam sekali jika berada di penerbangan yang panjang.
(hst/hst)