Minggu, 15/05/2016 11:56 WIB

6 Bagian Tubuh yang Sering Terlupakan Saat Pakai Sunblock

Rahmi Anjani - wolipop
6 Bagian Tubuh yang Sering Terlupakan Saat Pakai Sunblock Foto: Thinkstock
Jakarta - Akhir pekan ini mungkin ingin Anda habiskan dengan bepergian bersama teman atau keluarga. Jika begitu, jangan lupa untuk mengenakan sunblock atau tabir surya ketika berada di luar ruangan. Tentu Anda telah mengetahui jika paparan sinar matahari pada kulit yang tak dilindungi dapat menyebabkan bintik-bintik, terbakar, hingga kanker. Saat mengaplikasikannya janganlah hanya berfokus pada tangan, kaki, atau wajah saja namun juga enam bagian ini agar tubuh terlindungi secara maksimal:

1. Kulit Kepala
Memakaikan sunblock di kulit kepala mungkin terdengar aneh. Sebagian orang juga menganggap jika kulit kepala sudah tertutupi rambut sehingga tak perlu lagi dilindungi. Namun jika Anda tidak mengenakan topi atau sunscreen di luar ruangan dengan cuaca panas, kulit kepala dapat terasa kering dan perih.

Bahkan menurut peneliti di Universitas North Carolina kanker kulit melanoma bisa ditemukan di kulit kepala. Untuk itu, lindungi bagian tersebut dengan mengaplikasikan tabir surya khusus kulit kepala atau yang berwujud spray.

2. Telinga
Selain kulit kepala, telinga juga sering lupa diaplikasikan sunblock. Studi yang dipublikasi di The Skin Cancer Foundation pun mengungkap jika kanker tak jarang ditemukan pada bagian itu. Karenanya, jangan lupakan area telinga saat memakaikan tabir surya pada wajah terutama bagi Anda yang berambut pendek.

3. Leher
Setelah telinga, gunakan pula sunblock pada leher Anda. Leher memang menjadi bagian yang kerap dilupakan saat mengaplikasikan produk perawatan. Akibatnya area tersebut kerap cepat timbul garis halus atau keriput dari pada wajah. Hal tersebut bisa membuat Anda terlihat lebih tua.

4. Bibir
Bibir adalah bagian tubuh yang punya sedikit melanin. Artinya area tersebut perlu perlindungan ekstra dari sinar matahari. Perona bibir pun kadang tidak bisa melindunginya. Menurut dermatologis Christine Brown, lip gloss bahkan bisa mengundang sinar UV meresap ke dalam kulit. Untuk itu, gunakan lip balm atau produk bibir yang mengandung sunscreen.

5. Telapak Tangan
Anda mungkin berpikir jika telapak tangan tidak perlu dipikirkan karena sisa sunscreen yang diolesi di bagian lain pasti masih menempel di sana. Namun kadang itu tidak cukup untuk melindungi. Kurangnya perawatan pada bagian telapak tangan bisa membuatnya cepat berkeriput dan menjadikan tangan tampak tua.

6. Telapak Kaki Bagian Atas
Setelah kaki, jangan melupakan telapaknya bagian atas. Riset membuktikan jika area tersebut bisa menjadi sarang tubuhnya melanoma.  (ami/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177