5 Makanan Ini Selain Sehat Bagi Tubuh Juga Membuat Kulit Lebih Cantik

Alisa Kintan - wolipop Rabu, 14 Feb 2018 07:15 WIB
Foto: Istock Foto: Istock

Jakarta - Beberapa jenis makanan ternyata tidak hanya sehat bagi tubuh jika dikonsumsi, tapi juga berkhasiat bagi kesehatan kulit. Ini lima bahan makanan untuk membuat kulit lebih cantik dan sehat, seperti dikutip dari Times of India.

1. Wajah Bersinar

Foto: Istock

Oatmeal memiliki kandungan yang dapat membuat kulit wajah putih dan lebih cerah. Kamu bisa membuat masker oatmeal dengan campuran madu dan susu almond. Oatmeal juga cocok digunakan untuk tipe kulit berjerawat, karena bahan ini dapat menyerap minyak dari permukaan kulit.

2. Menenangkan Kulit
Foto: Istimewa

Memakai teh hijau pada kulit terbukti dapat mengurangi dampak dari kulit terbakar akibat sinar ultraviolet. Teh hijau juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit serta meningkatkan lapisan kolagen. Kegunaan lainnya, dapat memudarkan noda hitam serta mengurangi tampilan kantung mata karena kandungan vitamin K yang ada dalam teh hijau. Cukup taruh ampas teh hijau bekas seduhan ke dalam kulkas lalu diamkan selama 30 menit. Gunakan teh hijau dingin pada wajah.

3. Pelembap
Foto: iStock

Ternyata dalam krim dan serum pelembap yang sering kita gunakan, beberapa di antaranya mengandung biji chia. Biji Chia mengandung banyak serat, protein, vitamin E serta asam omega yang dapat membuat kulit terhidrasi.

4. Sebagai Toner
Foto: thinkstock

Tak hanya berguna untuk diet, cuka apel juga dapat digunakan pada wajah. Selain untuk menghilangkan kulit mati, cuka apel juga bisa digunakan sebagai toner. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 2 gelas air dan taruh di dalam kulkas. Gunakan campuran ini sebelum tidur dan usapkan pada wajah menggunakan kapas. Tapi untuk kamu yang punya kulit sensitif, pemakaian cuka apel sebaiknya lebih berhati-hati. Jika kulit menjadi merah dan perih, segera hentikan pemakaian.

5. Masker Wajah
Foto: Istock

Buah alpukat sangat populer kegunaannya sebagai bahan masker yang alami. Alpukat dapat membuat kulit kering terhidrasi kembali karena kandungan vitamin A dan E yang keduanya merupakan antioksidan. Selain itu alpukat juga berkhasiat untuk melawan penuaan dan kulit kusam.
(hst/hst)