Arti Ghosting dalam Bahasa Gaul, Istilah Cinta yang Bikin Sedih Korbannya

Lukita Wardhani - wolipop Rabu, 15 Sep 2021 07:30 WIB
Arti ghosting dalam bahasa gaul. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks Arti ghosting dalam bahasa gaul. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Ghosting sebuah kata yang sedang marak menjadi perbincangan muda mudi masa kini. Apa arti ghosting?

Ghosting dapat diartikan ketika seseorang yang sedang kencan atau dekat dengan kamu tiba-tiba menghilang tanpa jejak. Ini bisa terjadi di awal hubungan atau di tengah-tengah hubungan, serta bisa secara langsung atau online.

Orang tersebut tiba-tiba menghentikan semua kontak dengan kamu dan mereka tidak akan menanggapi SMS, email, panggilan, atau pesan media sosial. Buat kamu yang mengalami hal ini pasti akan langsung merasakan efek kesehatan mental yang luar biasa. Menurut hasil dari dua studi pada 2018, sekitar 25 persen orang pernah menjadi pelaku ghosting.

Ghosting adalah fenomena yang lebih kompleks daripada yang mungkin kamu pikirkan. Lantas apa alasan orang melakukan ghosting dan bagaimana cara menghadapinya agar cepat move on? Berikut penjelasannya yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Kenapa Orang Melakukan Ghosting?

Setelah mengetahui apa itu arti ghosting, selanjutnya adalah memahami penyebab ghosting terjadi. Orang-orang melakukan ghosting karena berbagai macam alasan seperti:

1. Rasa Takut

Ketakutan akan hal yang tidak diketahui tertanam dalam diri manusia. Kamu mungkin memutuskan untuk mengakhirinya karena takut mengenal seseorang yang baru atau takut akan reaksi saat kalian putus.

2. Menghindari Konflik

Secara naluriah adanya hubungan yang mengganggu apapun bentuknya pasti dapat memengaruhi kualitas hidup. Akibatnya, kamu mungkin merasa lebih nyaman untuk melakukan ghosting karena tidak pernah bertemu seseorang lagi daripada harus menghadapi potensi konflik atau penolakan yang dapat terjadi saat putus cinta.

3. Kurangnya Konsekuensi

Jika kamu baru saja bertemu seseorang, kamu mungkin merasa tidak ada ketertarikan sebagai teman dan tidak memiliki banyak kesamaan, hal tersebut mungkin bisa menjadi masalah besar dan membuat kamu pergi begitu saja dari kehidupan mereka.

4. Melindungi Diri

Jika suatu hubungan memiliki efek negatif pada kualitas hidup kamu, memutuskan kontak dan menghilang dari mereka merupakan salah satu cara untuk mencari kesejahteraan diri sendiri tanpa adanya dampak putus cinta atau perpisahan.

Arti ghosting yang merupakan menghilang tanpa jejak ini pastinya membuat korbannya sedih. KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk mengetahui apa yang dirasakan korban ghosting.

Selanjutnya
Halaman
1 2