Pria Tolak Tanda Tangani Akta Lahir Anak, Syok Usai Melihat Namanya

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 19 Jan 2021 19:00 WIB
People problems, poverty. Foto: Getty Images/iStockphoto/kieferpix
Jakarta -

Seorang pria mendadak menolak untuk menandatangani akta kelahiran anaknya usai melihat nama yang tertera di sana. Pria tersebut kaget karena pasangannya memilih untuk memberikan nama mantan kekasihnya kepada sang anak.

Seperti dikutip dari Daily Star, pria yang tidak disebutkan namanya itu kemudian menceritakan kisahnya di Reddit dan meminta saran dari para penggunanya. Sang pria mengaku bahwa dirinya sudah berpacaran dengan kekasihnya sekitar empat tahun. Namun tiba-tiba saja kekasihnya itu hamil saat dirinya sedang mengonsumsi pil.

Sang pria kemudian kembali menceritakan bahwa sebelum berpacaran dengannya, pasangannya itu sudah terlebih dulu berpacaran dengan seorang pria selama delapan tahun. Walaupun mereka telah berpisah, namun sang pria menduga bahwa pasangannya itu sebenarnya masih mencintai mantannya.

"[Pacar saya] berkencan dengan seorang pria selama sekitar delapan tahun dan dia adalah pacar pertamanya, ceritanya adalah bahwa mereka berpisah dan dia mengakhirinya tetapi dia masih mencintainya. Kita lalu bertemu beberapa bulan kemudian dan menjalin pertemanan sebelum mulai berkencan," tulis sang pria.

"Saya mendapat kesan bahwa dia tidak pernah benar-benar melupakannya pada awal hubungan, tetapi tampaknya dia berhasil move on setelah bertahun-tahun dan ketika dia pindah kembali ke kota kami dua tahun lalu dia tidak terlihat bertahap. Kita bertemu dengan mantannya dua kali dan sepertinya tidak ada yang aneh terjadi jadi saya berasumsi bahwa dia telah benar-benar melupakannya," tambahnya.

Setelah sang pria dan pasangannya tahu bahwa mereka akan segera memiliki seorang bayi, keduanya pun mulai melakukan persiapan. Dua bulan sebelum kelahiran, mereka telah memilih nama untuk sang bayi. Namun sungguh tak diduga bahwa pasangannya itu mengganti nama yang telah mereka sepakati bersama.

"Bayi itu tidak dinamai dengan nama yang kita sepakati tetapi nama yang sama dengan mantannya. Bukan hanya nama yang sama, tapi nama tengah yang sama juga dan kemudian nama belakang kita (setelah kita sepakat kita akan menggunakan kedua nama belakang kita dan melupakan penggunaan nama tengah)," tulis sang pria.

Walaupun merasa sangat kesal namun dia terpaksa harus memendam amarahnya mengingat pasangannya yang masih harus memulihkan diri pasca melahirkan. Beberapa hari kemudian pria tersebut baru mengatakan bahwa dia menolak untuk menandatangani akta lahir sang anak.

"Tentu saja saya tidak bisa meledakkan amarah saya karena dia masih memulihkan diri di rumah ditambah lagi ada kekacauan di seluruh dunia yang terjadi, jadi saya harus senang kita bertiga kembali ke rumah dan selamat," lanjutnya.

Saat ini dirinya bahkan mengaku jadi meragukan identitas sesungguhnya dari sang anak. Apakah anak tersebut benar merupakan anaknya atau mungkinkah pasangannya itu masih mencintai mantannya.

Tidak sedikit netizen yang kemudian mengomentari unggahan Reddit sang pria tersebut. Mereka menyuruh pria itu untuk meminta konfirmasi bahwa dia memang benar-banar ayah kandung dari sang bayi.

"Wow, hampir setiap komentar di sini meneriakkan 'paternity test' (tes garis keturunan ayah), dan terus terang kamu harus melakukan itu," komentar salah seorang netizen.

"Dia tidak bisa hidup dalam hubungan dengan seseorang yang memiliki rasa hormat yang rendah padanya," tambah netizen lain.

"Sungguh jika kamu berada pada titik di mana kamu meragukan ayah anak tersebut, hubungan itu mungkin sudah berakhir," komentar lainnya.

(vio/vio)