Kepoin Kepribadian Orang Berdasarkan Musik Favoritnya

Hestianingsih - wolipop Senin, 07 Okt 2019 20:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Setiap orang memiliki preferensi terhadap jenis musik tertentu yang bisa mereka nikmati. Ternyata musik favorit bisa mengungkapkan kepribadian seseorang.

Hal ini pun telah terbukti lewat sejumlah penelitian yang dilakukan para ilmuwan. Seperti dilansir Reader's Digest, sedikitnya ada tujuh genre musik paling umum didengar orang. Mulai dari klasik hingga hip-hop. Kalau kamu, suka musik yang seperti apa?

1. Klasik

Foto: Getty Images

Dikatakan bahwa penyuka musik klasik adalah orang-orang yang cerdas dan pemikirannya kompleks. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Adrian North, PhD, selama tiga tahun, penggemar musik ciptaan Beethoven, Chopin, Mozart atau Bach rata-rata kreatif, punya kepercayaan diri tinggi tapi di sisi lain juga introvert.

2. Heavy Metal
Foto: Facebook/Liam Frost-Camilleri

Kontras dengan genre musik yang terbilang 'keras', penyuka musik-musik cadas justru berhati lembut. Menurut Adrian yang mempelajari psikologi musik, kebanyakan penggemar heavy metal punya perasaan sensitif dan mudah berempati pada orang lain. Bahkan ia rentan tersakiti sehingga butuh sering-sering mendapat pelukan dari orang tersayang. Di sisi lain mereka juga kreatif.

3. Pop
Foto: Getty Images

Penggemar musik Top 40 umumnya punya kepribadian ramah, suka bersosialisasi dan percaya dirinya tinggi. Tapi di sisi lain juga mudah khawatir pada berbagai hal. Mereka biasanya mendengarkan musik-musik easy listening untuk meningkatkan mood.

4. Rock
Foto: Theo Wargo/Getty Images

Fans musik rock klasik adalah pekerja keras, cenderung egois atau mengutamakan kepentingan diri sendiri sebelum orang lain. Mereka juga suka menjadi pusat perhatian dan menggunakan musik untuk memperbaiki mood. Namun kepribadian penggemar rock bisa berbeda tergantung genre turunannya. Misalnya saja penyuka rock indie, biasanya lebih kreatif dan terbuka dengan hal-hal baru tapi sedikit minder. Sementara punk rock lebih enerjik tapi rasa empatinya rendah.

5. Folk, Jazz, Blues
Dira Sugandi, penyanyi jazz ternama Indonesia. Foto: Instagram/dirasugandi

Penikmat musik folk, jazz dan blues umumnya berpikiran terbuka, sangat kreatif dan seorang pemikir yang suka membicarakan hal-hal berbau politik. Mereka suka mendengarkan musik untuk melatih ketajaman otak ketimbang meningkatkan mood.

6. Country
Blake Shelton, penyanyi country asal Amerika Serikat. Foto: Instagram/blakeshelton

Suka musik country? Berarti kamu punya kepribadian yang bersahaja, jujur dan punya rasa empati tinggi. Umumnya penikmat lagu-lagu Dolly Parton, Blake Shelton, Keith Urban dan Miranda Lambert berkarakter menyenangkan, ekstrovert dan pekerja keras. Tapi pemikiran mereka cenderung konservatif dan sulit terbuka pada hal-hal baru terutama pada seni dan musik kontemporer.

7. Hip-hop
Foto: Thinkstock

Sifat paling menonjol dari penyuka musik hip-hop adalah keterbukaan. Kebanyakan fans musik ini adalah ekstrovert yang mendapatkan energi dari orang-orang di sekitarnya. Mereka juga punya kepercayaan diri tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Peter J. Rentfrow dan Samuel D. Gosling dari University of Texas, terungkap juga bahwa fans musik hip-hop cenderung lebih frontal dalam berucap. Ambil saja contoh para rapper terkenal seperti Eminem, Kanye West dan Nicki Minaj.

Simak Video "Bentuk Bibir Ungkap Kepribadian Pemiliknya, Kamu yang Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)