Mengenang Kisah Cinta Stan Lee Untuk Istri: Dia Wanita yang Selalu Aku Gambar

Alissa Safiera - wolipop Selasa, 13 Nov 2018 08:34 WIB
Stan Lee dan Joan Lee. Foto: Dok. Getty Images
Jakarta -

Berita duka datang dari dunia hiburan. Legenda komik Marvel, Stan Lee meninggal dunia di usia 95 tahun. Stan Lee kini telah menyusul cinta sejatinya yang pergi lebih dulu dua tahun lalu, Joan Lee di usia 93 tahun.

Di tengah reputasinya sebagai seorang komikus ternama, mungkin tak banyak yang tahu bila Stan Lee adalah soosk pria romantis. Cinta pandangan pertama pada sang istri pun menginspirasi berbagai tokoh wanita di komiknya.

Pasangan ini bertemu di tahun 1947. Kala itu nama Stan Lee mulai terkenal dengan Marvel. Memiliki predikat 'ladies man' karena banyak wanita di sisinya, Stan Lee muda terpikat dengan sosok wanita berambut merah yang ia lihat.

Wanita berambut merah itu adalah seorang model topi bernama Joan Clayton Boocock yang kini dikenal sebagai Joan Lee, sang istri. Stan Lee pun jatuh cinta pada pandangan pertama. Masalahnya? Joan sudah menikah dengan pria lain.

Mengenang Kisah Cinta Stan Lee Untuk Istri: Dia Wanita yang Selalu Aku GambarStan Lee dan Joan Lee. Foto: Dok. Getty Images



Kepada People, Joan mengaku tak begitu mencintai suaminya kala itu. "Aku hanya mengenalnya 24 jam ketika kami memutuskan menikah. Kami memiliki banyak aspek untuk pernikahan bahagia, tapi setelah menikah dengannya setahun, aku mulai merasa dia membosankan," ujarnya.

Dua minggu bersama, Stan Lee semakin tergila-gila pada Joan. Stan pun melamarnya. Dia bilang, "Pertama-tama, aku harus mengantarnya ke Reno (Nevada) untuk bercerai."

Ketika Joan di Reno, Stan mendengar ada seorang koboi kaya raya yang juga tertarik pada Joan. Stan langsung pergi ke Reno dan meyakinkan Joan untuk menikahinya. Pasangan ini pun akhirnya menikah tak lama setelah perceraian Joan diumumkan.

Mengenang Kisah Cinta Stan Lee Untuk Istri: Dia Wanita yang Selalu Aku GambarStan Lee dan Joan Lee. Foto: Dok. Getty Images


Setelah 67 tahun pernikahan, Stan Lee mengatakan kepada Hollywood Reporter di tahun 1976, bila ia langsung tahu Joan adalah cinta sejatinya, karena sosok itu adalah wanita yang dia gambar sejak remaja.

"Dia adalah wanita yang aku gambar. Tubuh, wajah dan rambut yang sama. Dia adalah ideku bagaimana seorang wanita harusnya terlihat. Wanita yang sempurna. Dia adalah wanita yang selalu aku gambar seumur hidupku," ungkapnya mengatakan bila pertemuannya dengan Joan adalah takdir.

Stan Lee mengatakan Joan adalah inspirasi gambarnya di dunia nyata. Dia pun membuat karakter Mary-Jane, kekasih Peter Parker dari sosok sang istri.




Walau begitu, pada wawancara tahun 2011, Stan mengatakan bila Joan tak pernah membaca komik karyanya.

"Istriku dan aku sangat dekat. Tapi, aku tidak yakin apa ia pernah baca cerita yang aku buat. Dia tidak suka komik. Dia lebih suka mendekorasi. Dia istri sempurna bagiku karena aku menghabiskan banyak waktu menulis ketika di rumah dan aku membayangkan seorang wanita mengatakan, 'Kenapa kita tidak pernah keluar rumah? Kenapa kita tidak liburan!"

Mengenang Kisah Cinta Stan Lee Untuk Istri: Dia Wanita yang Selalu Aku GambarStan Lee dan Joan Lee. Foto: Dok. Getty Images


Stan melanjutkan, "Tapi Joannie, rumahnya adalah mainannya. Dia bisa menghabiskan seluruh waktu untuk mendekorasi rumah, menempatkan furnitur. Dia selalu membuat dirinya sibuk, yang mana luar biasa bagiku, jadi aku tidak merasa bersalah ketika aku menulis di kamarku," kenangnya.

Keduanya masih terus memuja di hari tua. "Setelah 31 tahun menikah, istriku masih merasa aku punya tubuh sempurna," ungkap Lee kala usianya menginjak 56 tahun saat itu.

(asf/asf)