Agar Bisa Move On dan Atasi Kesedihan Setelah Kekasih Meninggal Dunia

- wolipop Selasa, 08 Apr 2014 07:50 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Sebuah perpisahan memanglah menyakitkan, terlebih lagi bila pasangan yang saling mencintai dipisahkan oleh maut. Perasaan sedih seolah tidak bisa pergi dari kehidupan Anda. Mungkin perasaan itulah yang juga dirasakan oleh bintang Glee Lea Michael saat mencoba merelakan Cory Monteith yang meninggal dunia karena pengaruh obat-obatan terlarang.

Akan tetapi, walau bagaimanapun pahitnya kenyataan, Anda harus merelakannya dan belajar bagaimana hidup tanpa kekasih yang dicintai. Waktu yang akan menyembuhkan perasaan sakit dan sedih Anda setelah ditinggal pasangan dan Anda mampu kembali menjalani hidup seperti sedia kala. Beberapa ahli menyarankan untuk melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi kesedihan dan lebih mudah move on pasca kekasih tiada.

1. Berkabung
Bersedih dan menangislah! Tidak ada salahnya Anda untuk merasa berkabung. Jangan menahan segala perasaan karena tidak ingin dianggap lemah atau berusaha baik-baik saja. Jika Anda berpikir dengan melakukan hal tersebut Anda akan lebih mudah mengatasi rasa sedih, Anda salah. Hal tersebut justru dapat membuat Anda semakin stres dan tertekan.

Menurut Nancy Berns, seorang profesor Sosiologi di Universita Drake, Amerika, berkabung merupakan hal yang normal dan hal tersebut merupakan respon yang wajar. Justru jika, Anda berusaha keras agar tidak sedih malah berakibat tidak bagus untuk kesehatan mental. Budaya kita mengajarkan untuk tidak bersedih lama-lama, namun Nancy tidak setuju dengan pendapat yang ada. "Apa yang membantu kita untuk belajar mengatasi kesedihan? Yaitu dengan berkabung untuk membantu mengetahui apa yang membuat kita kehilangan dan mengekspriskan tanda cinta yang kita punya," kata Berns, seperti dikutip dari CNN.

2. Dekat dengan Keluarganya
Mendekatkan diri dengan keluarha kekasih membuat Anda lebih merasa lega karena Anda bisa dekat dengan orang-orang yang dicintainya. Dengan begitu, Anda akan merasa terkoneksi. Dekat dengan keluarga kekasih juga memberikan keuntungan, mereka bisa menjelaskan pesan-pesan terakhir yang diberikannya sebelum tiada untuk Anda.

3. Menyendiri
Terus-menerus ditanya tentang bagaimana kekasih bisa tiada dan banyak yang mengungkapkan rasa sedihnya, tentu bisa membuat Anda semakin terpuruk. Setelah pemakaman, sebaiknya Anda langsung menyendiri atau melakukan liburan singkat tanpa perlu mengajak siapapun. Sendiri mungkin membuat Anda semakin sedih, namun proses berduka memang perlu Anda lewati dan diri Anda akan lebih mudah tenang bila sendirian.

4. Move On
Setelah melewati masa berkabung selama dua atau tiga bulan, saatnya untuk mengatur strategi untuk mencoba move on. Tentu Anda sendiri tidak ingin terlihat begitu terpuruk dalam waktu yang cukup lama, kekasih pun pasti akan sedih melihat keadaan Anda yang sedih berkepanjangan. Berns menyarankan agar Anda kembali ke kehidupan sosialisasi setelah satu atau dua bulan kepergian kekasih. Dengan begitu, sedikit demi sedikit perasaan sedih yang begitu mendalam bisa diatasi. "Entah mencoba dekat dengan pria baru atau kembali melakukan hal-hal yang menyenangkan tentu ini dapat membantu diri sendiri dan kekasih pun mungkin merasa lebih lega," ujar Berns.

(kik/hst)