#77PortraitAnakBangsa

Kisah Inspiratif Pendiri Somethinc Rintis Bisnis Kosmetik dari Jasa Titip

Jihaan Khoirunnissa - wolipop Minggu, 14 Agu 2022 11:16 WIB
Marsela Limesa Foto: Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. Foto: Dok OPPO
Jakarta - Industri kosmetik Tanah Air tumbuh kian pesat di tengah gempuran merek-merek global di pasaran. Banyak beauty brand lokal bermunculan.

Salah satu merek lokal yang mencuri perhatian beauty enthusiast yaitu Somethinc. Hal ini karena koleksi makeup hingga skincare yang dikeluarkan dinilai berkualitas dan memiliki harga terjangkau.

Di balik kesuksesan Somethinc, ada perjalanan panjang salah satu pendirinya, yakni Marsela Limesa yang menginspirasi. Siapa sangka ternyata usaha Somethinc bermula dari bisnis jasa titip alias jastip. Puluhan tahun silam, tepatnya di tahun 2010 Marsela bersama dua sahabatnya menjalani bisnis jastip dengan membawa produk kosmetik dari luar negeri.

Dari situ, dia melihat antusiasme dari para beauty enthusiast terhadap produk kosmetik ternyata cukup tinggi. Mereka rela membeli skincare dan makeup dengan harga yang mahal hingga mencapai Rp 350 ribu. Marsela pun yakin akan peluang besar bisnis kecantikan di Indonesia, hingga akhirnya tercetus untuk membuat brand sendiri, yakni Somethinc di tahun 2019.

Karena keuletan Marsela, brand Somethinc yang dirintisnya mampu meraih berbagai penghargaan. Bahkan, penjualan skincare Somethinc sempat tercatat menjadi yang nomor satu di e-commerce pada tahun 2021 sampai 2022.

Di samping itu, Marsela juga menjadi salah satu co-founder BeautyHaul, e-commerce yang menawarkan pengalaman berbelanja kosmetik bagi konsumen. Diketahui, Beautyhaul telah memiliki belasan gerai yang rencananya akan terus berekspansi. Sudah ada lebih dari 200 brand kecantikan lokal dan internasional yang dipercaya menjadi partner serta distributor tunggal. Di tahun-tahun pertama, bisnis skincare tersebut tumbuh lebih dari 25 kali lipat hingga akhir Desember 2021.

Berkat pencapaiannya di industri kecantikan, pada tahun 2022 nama Marsela masuk ke dalam daftar majalah Forbes Indonesia 30 Under 30 dengan kategori retail dan e-commerce. (ads/ads)