ADVERTISEMENT

Kisah Para Kartini Modern Jadi Supir Ojol, Rela Banting Tulang Demi Keluarga

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 21 Apr 2022 12:00 WIB
Driver Shopeefood Foto: Dok. Shopee
Jakarta -

Sebutan Kartini Modern juga pantas disematkan untuk para wanita yang bekerja banting tulang untuk keluarga. Demi meningkatkan taraf ekonomi, tak sedikit dari wanita yang mengandalkan fisik untuk mencari uang, misalnya dengan menjadi supir ojol (ojek online). Tak takut bergelut dengan lelah dan sinar matahari, kisah mereka pun menginspirasi.

Salah satu ojol wanita yang punya kisah inspiratif adalah Nuzula Sylvia. Lady driver ShopeeFood tersebut berhasil mengubah kondisi ekonomi keluarga menjadi lebih baik setelah menjadi kurir makan. Tak hanya untuk makan atau kebutuhan sehari-hari, penghasilannya kini juga bisa membayar sewa rumah hingga mencicil motor baru.

Wanita 35 tahun disebut pernah bekerja sebagai pegawai toko elektrik. Tapi karena terkena COVID-19, kondisi tubuhnya sempat tidak memungkinkan untuk bekerja hingga memutuskan resign. Setelah itu, sayangnya kondisi keluarga jadi sangat terpengaruh karena pendapatan suaminya yang berdagang baju di kaki lima juga menurun.

Driver ShopeefoodDriver Shopeefood Nuzula Sylvia Foto: Dok. Shopee

Nuzula pun sempat beralih menjadi kuli gosok sebelum akhirnya terjun jadi kurir makanan. Keputusannya itu ternyata mengubah hidupnya. "Alhamdulillah, saya sekarang sudah punya motor sendiri walaupun masih nyicil, saya sama suami dan anak juga tinggal sendiri, kalau dulu kan masih tinggal sama mertua, desak-desakan," kata Nuzula dalam rilis yang diterima Wolipop.

Pengemudi ojol lain yang juga wanita tangguh adalah Fadjar Rini. Lady driver asal Cikarang Utara, Bekasi itu patut diacungi jempol karena masih semangat bekerja di usianya yang sudah lebih dari setengah abad. Ia bahkan mampu 'ngebid' seharian dan menyelesaikan target 20 pesanan setiap harinya.

Driver ShopeefoodDriver Shopeefood Fadjar Rini Foto: Dok. Shopee

Nenek empat cucu yang akrab disapa Mpok Rini itu sendiri sebelumnya bekerja sebagai karyawan pabrik farmasi. Tapi kondisi kerja ketika itu membuatnya sering sakit. Setelah berhenti dan kehilangan penghasilan, ia akhirnya mencari mata pencaharian lain yakni menjadi supir ojol.

"Awalnya sih saya berpikiran untuk jualan, cuma saya lihat keadaan di sekitar saya sudah banyak banget yang jualan, itu juga belum tentu laku. Jadi berhubung kondisi kesehatan masih memungkinkan untuk ke sana ke mari naik motor, ya saya putuskan jadi driver ShopeeFood saja untuk penghasilan utama dan alhamdulillah bisa memenuhi kebutuhan rumah," tutur Mpok Rini.

(ami/ami)