ADVERTISEMENT

Intimate Interview

Hadapi Tekanan Sosial, Model Vitiligo Pernah Terpikir Bunuh Diri

Khairunnisa Adinda Kinanti - wolipop Minggu, 28 Nov 2021 15:45 WIB
Jakarta -

Zsazsa Caesar (26) adalah wanita asal Bandung yang mengidap vitiligo. Vitiligo adalah kelainan kulit yang menyebabkan pigmen tidak berfungsi sehingga menimbulkan bercak putih. Dengan keadaan seperti ini, Zsazsa tidak luput dari pengalaman direndahkan, bahkan dapat beberapa pertanyaan yang membuatnya risih.

"Waktu itu saya ke mal, terus ada anak kecil, anaknya seperti digeser sama ibunya karena takut menular. Karena memang mencolok dia (vitiligo) kelihatan sekali," cerita Zsazsa dalam program Sosok di detikcom.

Zsazsa berusaha menerima vitiligo yang ada pada dirinya terutama di depan orang banyak dan lingkungan baru. Zsazsa merasa orang lain melihat kekurangan yang ia miliki sebagai aib atau sesuatu hal yang menjijikan. Untuk orang yang tidak tahu tentang vitiligo banyak memberikan pertanyaan saat bertemu dengannya.

"Misalkan saya sedang di luar jalan-jalan atau di lingkungan baru, pasti ada yang bertanya 'Kaki kamu kenapa? Tangan kamu kenapa?' Sebenarnya mereka hanya bertanya, tidak merendahkan, tapi pertanyaan seperti itu adalah hal yang sensitif untuk kita yang memiliki kelainan," ujar Zsazsa.

Selain itu, kalimat-kalimat yang 'menyakiti' pun pernah terdengar di telinga Zsazsa perihal keturunan anaknya nanti.

"Pernah di beberapa titik seperti saya sudah tidak mau berpasangan karena saya tahu akhirnya orang melihat ini kekurangan dan aib. Terus ada yang pernah berkata 'Masa kamu mau nanti anak kamu seperti itu juga?'," cerita Zsazsa

Karena pernah mengalami kejadian seperti itu, Zsazsa merasa makin tidak percaya diri dan membuatnya merasa takut, seperti tidak memiliki value di dalam dirinya sampai terbesit untuk mengakhiri hidupnya.

(fuf/gah)
Adu Perspektif
×
Manuver Dewan Kolonel, Hingga Dendam Lama
Manuver Dewan Kolonel, Hingga Dendam Lama Selengkapnya