Kisah Inspiratif Atlet Cantik, Ditolak Sekolah karena Punya Satu Tangan

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 05 Des 2019 08:56 WIB
Nanda Mei Sholihah. Foto: Instagram Nanda Mei Sholihah. Foto: Instagram
Jakarta - Keterbatasan fisik tak menjadikan Nanda Mei Sholihah terpuruk meratapi takdir. Terlahir dengan hanya memiliki satu tangan membuat Nanda semangat untuk berprestasi sebagai seorang atlet wanita yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Wanita asal Kediri, Jawa Timur ini merupakan atlet paralympic cabang atletik yang telah meraih segudang prestasi sejak 2010. Nanda pernah meraih tiga medali emas di ASIAN Paragames 2015, dan tiga medali emas di ASIAN Paragames 2017.



Meskipun kesuksesannya di bidang atletik patut diacungi jempol, namun kelainan fisik yang terjadi pada Nanda membuat dirinya pernah mengalami diskriminasi dari lingkungan sekitar. Atlet berusia 20 tahun ini bahkan pernah ditolak oleh sekolah TK karena kondisinya yang difabel.

"Waktu itu alasannya yayasan tidak bisa menerima anak berkebutuhan khusus. Di situ aku lihat ibu aku sedih anaknya ditolak sekolah. Nenek aku juga marah, karena aku nggak cacat mental, kan aku masih bisa berpikir normal, cuma memang keadaanku yang seperti ini. Akhirnya dicabut pindah sekolah lain dan diterima," cerita Nanda kepada Wolipop saat ditemui di acara Kampanye Gerak Tak Terbatas by Rexona di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019).

Nanda Mei SholihahNanda Mei Sholihah Foto: Instagram


Menjadi penyandang disabilitas sempat membuat Nanda merasa malu. Meskipun begitu, ia mengaku tak pernah membenci dirinya sendiri. Hal tersebut karena dukungan orangtua yang selalu mencurahkan cinta kasihnya pada Nanda.

"Cuma karena dulu orangtua aku ngajarin aku buat mandiri, membaur dengan masyarakat lainnya. Dari kecil mungkin pas masuk sekolah aku minder karena teman-teman punya tangan dan aku kok nggak, aku cuma ada setengah. Setiap ada murid baru aku pasti nutupin tangan aku, nggak mau dilihatin, cuma semakin kesini ikut olahraga ya sudah percaya diri aja nyatanya kamu bisa berprestasi," ungkap Nanda.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jessica Putri, Atlet Longboard Penakluk Jalanan"
[Gambas:Video 20detik]