ADVERTISEMENT

TikTok Viral Verificator

Viral Pria Rawat Ibu yang ODGJ Selama 10 Tahun di Rumah Mewah Tanpa Listrik

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 04 Jan 2023 17:00 WIB
Kisah viral di media sosia, Tiko merawat ibunya bernama ibu Eny yang mengalami ODGJ dengan kondisi keuangan yang terbatas. Momen saat rumah Tiko didatangi oleh petugas rumah sakit. Foto: Dok. TikTok @novinefril.
Jakarta -

Kisah pria yang berbakti kepada orang tua ini mendadak jadi atensi warganet di media sosial. Pria yang diketahui bernama Tiko ini merawat ibunya seorang diri di rumah mewah dengan keadaan yang memprihatinkan.

Cerita Tiko merawat ibunya viral berawal dari video TikTok @novinefril yang merekam momen saat petugas Rumah Sakit Jiwa berusaha menjemput seorang wanita bernama ibu Eny. Wanita itu merupakan ibunda Tiko yang mengalami gangguan jiwa atau ODGJ. Novin mengaku Tiko merupakan teman kecilnya. Ia berusaha menguatkan Tiko.

"Gw sebagai temen lu dr kecil ga bisa berkata2, semangat untuk Tiko, pokoknya yang kuat yaa!!! 🥹 #fyp #xyzbca," tulis akun TikTok @novinefril.

Kisah viral di media sosia, Tiko merawat ibunya bernama ibu Eny yang mengalami ODGJ dengan kondisi keuangan yang terbatas.Kisah viral di media sosial, Tiko merawat ibunya bernama ibu Eny yang mengalami ODGJ dengan kondisi keuangan yang terbatas. Foto: Dok. TikTok @novinefril.

Rumah Tiko yang terlihat seperti bangunan mewah namun sudah terbengkalai. Tiko sudah 10 tahun merawat ibunya sendirian di rumah tersebut.

Dalam video unggahan selanjutnya, Novin mengatakan ibu Eny saat ini sudah di rumah sakit. Ibu Eny dibawa ke rumah sakit agar mendapatkan pengobatan dan penganan yang layak.

Unggahan Novin sudah ditonton lebih dari 30,7 juta Views dan mendapatkan beragam komentar dari warganet. Sebagian besar memuji Tiko karena mau merawat ibunya yang mengalami gangguan jiwa.

"Anak hebat surga tempat mu nak 🥺🥺 semoga kamu sukses lewat jalur taat pda org tua aamiin," ucap pengguna TikTok @mamiz4po.

"Alhamdulillah, makasih orang-orang baik 🙏 dari kemaren kepikiran kasus Bu Eny ini terus☹️," saut akun @siapaajaboleh.

@novinefril gw sebagai temen lu dr kecil ga bisa berkata2, semangat untuk tiko, pokoknya yang kuat yaa!!! 🥹 #fyp #xyzbca ♬ Tertawan Hati - Awdella

"Teruntuk semua wanita yang pernah mengalami seperti bu Eny... yuuk... bisa yuuk.... kesehatan mental itu penting utk kelanjutan hidup anak² kita🥺," saut akun @Anisa Fabilatu.

"Ibu ku sakit gangguan mental sudah 40 tahun lebih.hanya kami yg tau bagaimana perih nya ada diposisi itu,semoga Allah memberi kesabaran lebih untuk kita," ucap akun @Eli Sumiati.

Dalam unggahan TikTok yang viral, rumah Tiko terlihat berantakan. Cat dalam rumah mewah itu sudah mengelupas dan lantai terlihat tidak pernah dibersihkan sehingga seperti hunian kosong yang tidak ada penghuninya. Langit atap rumah juga sudah usang.

Usai kisah Tiko dan bu Eny viral, warga setempat berinisiatif membantu membersihkan rumah tersebut. Selain itu mulai muncul beberapa orang untuk membantu kehidupan Tiko dan ibunya.

Tiko mengucapkan terima kasih kepada Novin karena telah membantu proses evakuasi sang ibu agar mendapatkan perawatan yang terbaik.

Kisah viral di media sosia, Tiko merawat ibunya bernama ibu Eny yang mengalami ODGJ dengan kondisi keuangan yang terbatas.Kisah viral di media sosial, Tiko merawat ibunya bernama ibu Eny yang mengalami ODGJ dengan kondisi keuangan yang terbatas. Terlihat warga sedang membersihkan rumah Tiko. Foto: Dok. TikTok @novinefril.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Novin Efril Trihardja yang mengunggah ke TikTok kisah Tiko dan ibunya. Novin mengatakan Tiko merupakan teman kecilnya. Ia menceritakan sosok Tiko.

"Tiko teman kecil saya. Tiko itu anak nya sangat baik, pintar berprestasi, kehidupannya yang sangat kurang beruntung sehingga dia menjadi tulang punggung ibu nya karena bapak nya sudah berpisah sama suami nya dari 10 tahun yang lalu dengan ibu nya," ungkap Novin kepada Wolipop, Selasa (3/1/2022).

Pria yang berusia 20 tahun ini menjelaskan video yang diunggahnya dan kini viral itu direkamnya pada Jumat (30/12/2022) sebelum tahun baru, di daerah sekitar rumah Novin di Jakarta Timur. Novin mengungkapkan kondisi ibu Tiko.

"Untuk saat ini memang ibu nya Tiko mengenai gejala depresi sehingga kena gangguan mental. Jadi sepeninggal bapak nya Tiko mereka hidup nya berdua saja dan karena masalah ekonomi listrik dan air diputus dari instansi terkait," tuturnya.

"Seinget aku ya 10 tahun ke belakang (Tiko merawat ibunya). Soalnya aku di sini anak ketua RT juga dan kenal sama Tiko mulai dari zamannya masih SD," kata Novin.

Pada akhir wawancara, Novin menyebutkan kondisi rumah Tiko. "Kondisinya sudah bersih sekarang tinggal di cat, tadi pagi juga dibantu sama damkar," pungkasnya.

(gaf/eny)