ADVERTISEMENT

Mengenal Laminate Flooring, Alternatif Lantai Kayu Harga Ekonomis

Erika Dyah - wolipop Kamis, 08 Des 2022 18:20 WIB
Mengenal Laminate Flooring Foto: detikcom/Erika Dyah
Jakarta -

Penggunaan lantai kayu di rumah bisa membuat hunian terasa lebih hangat dan homey. Namun, material solid wood atau kayu asli dikenal memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, muncul berbagai solusi untuk memiliki lantai kayu dengan harga ekonomis seperti laminate flooring.

Sebelum memilih lantai kayu, penting sekali untuk memahami berbagai jenis atau tipe dari lantai kayu yang tersedia di pasaran. Untuk level tertinggi, ada solid wood atau kayu asli dengan harga lebih mahal, lalu ada engineered wood yakni potongan kayu sisa yang dicampur kayu lainnya sehingga menjadi material lantai kayu yang mirip dengan kayu asli.

Selain itu, ada juga laminate flooring yakni serbuk kayu yang dipadatkan menggunakan lem perekat berbahan kimia yang dikenal dengan HDF. Laminate flooring merupakan hasil recycle atau daur ulang kayu yang memiliki kualitas baik hingga sulit dibedakan dengan kayu asli.

Merchandising Manager ACE Indonesia, Ricky Sukono mengungkapkan pihaknya menghadirkan produk laminate flooring unggulan dari Belgia untuk memberi solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki lantai kayu di rumah dengan harga ekonomis.

"15 tahun lalu, orang kalau lantai di rumah pakai lantai kayu bisa dikatakan privilege. Sekarang semua orang bisa memakai laminate flooring di rumahnya, bisa mendapatkan kemewahan kayu dengan harga yang sangat affordable dan kualitas yang sangat baik," ungkap Ricky dalam Media Talkshow bertajuk 'Instantly Upgrade Your Home' di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Adapun produk yang dihadirkan oleh Ace Hardware ialah QuickStep. Produk ini merupakan salah satu brand dari Unilin, perusahaan flooring Belgia yang termasuk anak usaha dari Mohawk Industries.

Mengenal Laminate FlooringMedia Talkshow bertajuk 'Instantly Upgrade Your Home' Foto: detikcom/Erika Dyah

Menurut Ricky, produk ini diproduksi langsung oleh brand asal Belgia tersebut dari hulu hingga hilir. Jadi, material hingga quality control-nya diproses sendiri oleh QuickStep sehingga menjamin kualitasnya.

Ia menjelaskan produk QuickStep bisa menghadirkan nuansa mewah di rumah karena tampilan kayu-nya menyerupai kayu asli atau solid wood. Tak hanya itu, produk Quick Step juga memiliki berbagai keunggulan lain, di antaranya.

1. Tampilan & Nuansa Alami

Menurut Ricky, saat membeli lantai laminate flooring tentu orang menginginkan tampilan seperti aslinya. Untuk itu, ia meyakini kualitas QuickStep yang sangat mirip dengan kayu asli dari segi motifnya.

"Bahkan kita pernah tes, konsumen sampai sulit membedakan mana kayu yang asli," ujarnya.

2. 100% Tahan Terhadap Air

Ia menyebut perawatan solid wood atau kayu asli yang rumit cenderung membuat orang berpikir dua kali sebelum menggunakannya. Apalagi, harganya juga cukup menguras kantong. Dengan laminate flooring, ia menyebut perawatan lantai kayu tak lagi sulit.

QuickStep juga memiliki teknologi hydroseal yakni tahan terhadap air sehingga tak membutuhkan perawatan ekstra meski dialiri air terus menerus atau terendam air.

3. Scratch Guard, Tahan Terhadap Gesekan

Ricky memastikan produk yang ditawarkan tahan terhadap gesekan dan tak mudah tergores. Sehingga laminate flooring bisa jadi investasi yang baik bagi orang yang ingin menggunakan lantai kayu, tanpa perlu takut harus mengganti lantai kayu dalam jangka waktu pendek.

4. Instalasi Mudah

Adapun kemudahan instalasi ini didukung oleh teknologi sistem UNICLIC, sistem ini telah dipatenkan untuk membantu pemasangan laminate flooring dengan mudah di rumah. Bahkan, dilengkapi garansi hingga 25 tahun yang menjamin pemasangan tidak akan rusak atau patah.

Mengenal Laminate FlooringLaminate Flooring Foto: detikcom/Erika Dyah

Selain keempat keunggulan di atas, produk laminate flooring dari Belgia ini juga dikenal ramah lingkungan karena telah tersertifikasi EU Ecolabel. Proses pembuatannya rendah emisi, serta aman untuk keluarga.

Sebagai informasi, ada 3 seri laminate flooring QuickStep yang dihadirkan Ace Hardware di Indonesia. Ketiga seri tersebut antara lain Majestic, seri high-end paling premium, Impressive, seri menengah, dan Classic seri yang paling ekonomis. Dengan harga mulai dari Rp 300 ribuan/meter persegi, Anda bisa memilih produk alternatif kayu pilihan dengan berbagai warna yang bisa disesuaikan dengan interior rumah Anda.

Tips Padu Padan Laminate Flooring

Dalam kesempatan yang sama, Principal Biroe Architecture, Rubi Roesli yang baru-baru ini viral karena karya Bamboo Dome-nya di ajang Presidensi G20 Indonesia membagikan tips padu padan laminate flooring di rumah.

Ia menyebut salah satu penggunaan laminate flooring yang paling cocok ialah di kamar tidur. Sebab, laminate flooring yang menyerupai kayu asli ini bisa memberikan rasa hangat saat beristirahat.

Kendati demikian, penggunaannya tak terbatas di kamar tidur saja. Sebab bahan ini juga bisa digunakan di ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur.

"Untuk padu padannya bisa disesuaikan dengan pengguna. Biasanya jika lantainya berwarna lebih gelap, interior dan furniture di atasnya akan berwarna lebih terang. Begitu pun sebaliknya," ujar Rubi.

Namun, ia pun menyebut ada orang-orang yang lebih senang dengan gaya monokrom atau satu warna. Sehingga tak ada salahnya memadukan warna cat dinding atau furnitur yang sama dengan warna lantai kayu yang digunakan sesuai karakter masing-masing penghuni.

Untuk diketahui, pengenalan laminate flooring dalam kegiatan Media Talkshow yang digelar di ACE Hardware Kota Kasablanka ini merupakan bagian dari program 'Serunya Kebersamaan Akhir Tahun'. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Co-Founder & CEO @parentalk.id, Nucha Bachri sebagai narasumber.

(fhs/ega)