ADVERTISEMENT

Percantik Taman dengan Ragam Jenis Batu Alam dari Ukur.com

Sponsored - wolipop Rabu, 07 Sep 2022 17:16 WIB
Ilustrasi Batu Alam Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ada banyak cara membuat hunian jadi lebih nyaman untuk ditinggali. Salah satunya adalah dengan menambahkan taman, baik di depan, samping, dan belakang rumah. Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang mendesain taman secara indoor atau di dalam ruangan. Ukurannya beragam, ada yang minimalis dan besar.

Salah satu bahan yang tak boleh dilewatkan untuk mendekorasi taman supaya tetap terlihat natural adalah batu alam. Jenisnya beragam dan sudah bisa dibeli di berbagai toko bangunan online. Apalagi jika Anda membutuhkannya dalam jumlah yang kecil, maka membeli secara online lebih disarankan.

Berikut adalah jenis batu alam untuk membuat taman lebih cantik dan asri.

Batu Split

Batu split atau batu belah sebenarnya berasal dari bebatuan ukuran besar. Dulunya batu ini dipecah secara manual, namun sekarang prosesnya sudah menggunakan mesin.

Batu ini tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti coklat, kehitaman dan juga abu-abu tua. Jenis batu ini biasanya banyak ditemukan di pegunungan, perbukitan atau sungai-sungai.

Banyak yang memanfaatkan batu split ini untuk pondasi karena bentuknya yang bertahan lama dan tidak gampang berubah. Namun tidak jarang pula ada beberapa orang yang memanfaatkannya sebagai hiasan taman. Ukuran yang digunakan bervariasi, namun biasanya dipilih yang dimensinya kecil-kecil.

Batu Koral

Selain split, batu alam lainnya yang banyak digunakan untuk taman adalah koral. Bisa koral warna putih atau hitam, tergantung dengan keinginan. Selain mempermanis taman, batu ini juga merupakan sumber resapan air yang baik. Jadi Anda bisa meletakkannya di area yang selama ini terasa lembab.

Supaya tampilannya makin cantik, Anda bisa memadukan beberapa warna batu koral sekaligus. Sementara untuk desainnya, cocok digunakan secara langsung sebagai bahan lantai atau jadi pajangan sekitar lampu taman. Bahkan, ada beberapa orang yang memanfaatkan batu koral sebagai lantai refleksi untuk kaki.

Batu Karang

Anda bisa membeli batu karang sebagai dekorasi. Batu ini bisa digunakan sebagai hiasan bersama bonsai, taman bunga hingga kolam akuarium.

Bentuk karang yang bolong-bolong tidak beraturan membuat tampilan taman menjadi semakin Instagenic. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan batu karang sebagai tempat menanam bunga.

Batu Granit

Pilihan lainnya adalah batu granit yang terkenal awet dan tahan dengan cuaca. Meski sudah terkena hujan dan panas berkali-kali, struktur dari batuan alam ini tidak gampang rusak atau berjamur.

Batu ini memiliki bermacam-macam motif menarik, sehingga membuat taman cantik dalam waktu yang lama. Batu granit juga bisa digunakan sebagai pelapis dinding, pinggiran kolam ikan, hingga untuk lantai.

Batu Kali

Batu kali juga menjadi pilihan favorit untuk dekorasi taman. Bahan ini kebanyakan digunakan untuk area peresapan dan langsung diletakkan di atas tanah, sehingga meminimalisir terjadinya genangan air di sekitaran taman yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, terutama di musim hujan.

Batu kali ini kebanyakan berwarna hitam, jadi membuatnya tampak semakin natural. Supaya terlihat lebih Instagenic, Anda bisa memadukan batu kali dengan batu koral. Perpaduan warna hitam dan putih dari kedua batu tersebut akan mengingatkan Anda akan keindahan alam yang sesungguhnya.

Batu Candi

Batu candi juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan untuk kamar mandi. Biasanya, batu ini digunakan untuk dinding atau lantai.

Salah satu kelebihan batu ini adalah mudah dirawat dan dibersihkan. Bahkan, lumut-lumut kering yang lengket dapat dibersihkan dengan mudah. Sehingga, taman tidak hanya terlihat rapi namun juga senantiasa bersih.

Batu alam ini juga memberikan kesan sejuk dan membuat taman semakin adem. Selain bentuk kotak biasa, Anda juga bisa membeli batu candi yang sudah dalam bentuk patung atau dekorasi taman lain. Ada banyak sekali pilihannya di berbagai toko bangunan.

Demikianlah pembahasan tentang berbagai jenis batuan alam yang bisa Anda gunakan untuk taman. Penggunaan batu alam tentunya membuat tampilan taman lebih asri dan cantik.

Agar tampak semakin natural, Anda bisa mengkombinasikan berbagai jenis batu dan menambahkan dekorasi lain seperti lampu taman, kolam ikan atau ayunan yang memberikan kesan homey dan nyaman.

Jika Anda mengalami kesulitan memperoleh batu karang di daerah sekitar, maka membeli secara online adalah solusinya. Salah satu rekomendasi online shop untuk berbelanja batu alam adalah di Ukur.com.

Meski terbilang baru, toko ini menawarkan bahan bangunan yang sangat lengkap. Sehingga, menjadi tempat yang tepat untuk Anda yang selama ini kesusahan mencari bahan bangunan dengan motif-motif unik.

Ada berbagai pilihan bahan bangunan yang ditawarkan di Ukur.com, mulai dari batu alam, beton, keramik, kaca, aluminium, dinding, plafion, dan lain-lainnya. Bahkan, Ukur.com juga menjual aneka perkakas, alat-alat keamanan untuk konstruksi hingga furniture. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyewa tukang profesional untuk membangun hunian yang lebih maksimal.

Bagi Anda yang sedang mencari bahan bangunan untuk hunian, hotel, apartemen, gedung perkantoran, mall, dan lain sebagainya, beli saja di Ukur.com. Ada segudang kemudahan yang bisa Anda nikmati dalam sekali pesan.

Tersedia pula berbagai macam metode pembayaran, dan bahkan bisa dicicil. Mari belanja di Ukur.com sekarang juga!

(Content Promotion/Ukur.com)