ADVERTISEMENT

4 Aktivitas Edukatif Seru buat Anak Umur 2-5 Tahun

Yudistira Imandiar - wolipop Minggu, 14 Agu 2022 09:27 WIB
Ilustrasi Mainan Anak Foto: pexels
Jakarta -

Mengajak anak untuk membantu merapikan rumah bisa mengajarkan mereka tentang tanggung jawab. Apalagi, anak-anak suka mengikuti kebiasaan orang tuanya, seperti membersihkan rumah, mengurus taman, dan lain-lain.

Orang tua mesti memberikan tugas yang sesuai dengan umurnya. Melansir dari beberapa sumber, berikut ide aktivitas edukatif yang bisa kamu berikan kepada anak sesuai umurnya.

1. Aktivitas Anak Umur 2 tahun

Di usia 2 tahun, si kecil pasti mulai penasaran dan ingin meniru kegiatan orang tuanya. Nah, kamu dapat mengajarkan mereka tentang merapikan barang-barang di dalam kamar tidurnya. Pada pagi hari, kamu bisa memberikan contoh cara untuk merapikan ranjang, mulai dari seprai, selimut, hingga mengatur posisi bantal.

Kamu juga mengajarkan si kecil untuk mengembalikan mainan anak ke tempat penyimpanan dan membuang sampah yang ada di dalam ruang bermainnya.

2. Aktivitas Anak Umur 3 tahun

Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah? Jika ada, kamu bisa mengajarkan si kecil untuk memberikan makan kepada hewan peliharaannya setiap harinya.

Ajarkan juga kepada si kecil untuk bersikap lembut saat memberi makan dengan mengusapnya, mengajak bermain, hingga menyuapi hewan peliharaan. Jadi, mereka bisa belajar kasih sayang, kelembutan, serta tanggung jawab untuk merawat hewan..

3. Aktivitas Anak Umur 4 tahun

Bila kamu memiliki banyak tanaman hijau di rumah, kamu bisa mengajak si kecil untuk merawat tanaman tersebut dengan menyiramnya secara rutin. Dari kegiatan ini, si kecil bisa belajar bertanggung jawab untuk menjaga agar tanamannya tumbuh subur.

Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan mereka untuk menyapu lantai. Nah, kamu bisa memberikan sapu kecil supaya mereka bisa mengikuti aktivitas yang kamu lakukan.

4. Aktivitas Anak Umur 5 tahun

Saat menginjak usia 5 tahun, kamu bisa mengajak si kecil melakukan aktivitas yang lebih sulit, seperti menyortir cucian di rumah. Kamu bisa meminta mereka untuk memisahkan pakaian sebelum dicuci berdasarkan warna dan jenisnya. Aktivitas ini dapat melatih kemampuan motorik dan kognitif si kecil.

Kamu juga dapat melibatkan mereka untuk menata meja makan, mulai dari meletakkan piring dan menyiapkan sendok garpu. Setelah makan, kamu bisa mengajarkan si kecil buat membersihkan peralatan dan meja makan.

Itu dia beberapa aktivitas edukatif yang bisa kamu berikan kepada si kecil sesuai umurnya. Namun, kamu tetap perlu mengawasi dan memberikan apresiasi ketika mereka menyelesaikan tugasnya dengan baik. Kamu dapat memberikan mainan sebagai hadiah.

Kamu juga bisa memberikan ragam mainan anak perempuan dan laki-laki yang tersedia di Toys Kingdom Online. Yuk, berikan penghargaan bagi si kecil yang sudah menyelesaikan tugasnya.

(ads/ads)