Tak Disangka, Rumah Mungil Cantik Ini Dulunya Tempat Toren Air

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 28 Jan 2022 08:42 WIB
Rumah Mungil di Bawah Toren Rumah mungil di bawah menara toren air. (Foto: YouTube/OG)
Baguio City -

Siapa yang menyangka jika rumah mungil yang cantik ini dulunya adalah tiang untuk tank air atau toren. Kira-kira, apa yang menginspirasi si pemilik ya?

Adalah Ronald Tan, nama pemilik rumah yang berada di Baguio City, Filipina, tersebut. Lewat sebuah video yang diunggah di kanal YouTube OG, ia berbagi cerita tentang ide di balik rumah tersebut sembari memperlihatkan isinya.

Rumah Mungil di Bawah TorenRumah mungil di bawah toren (Foto: YouTube/OG)

Semuanya bermula dari istri Ronald yang selalu mengeluh soal area toren di belakang rumah utama yang tak kunjung dirapikan. Area tersebut juga dijadikan tempat pembuangan sehingga tampak terbengkalai.

Ia pun terpikirkan untuk mengubah area toren menjadi sebuah hunian mungil yang bisa ditempati. "Kenapa tidak membuat sebuah konsep yang produktif? Di saat bersamaan, rumah ini bisa menjadi objek wisata di Baguio City. Orang-orang juga bisa menyewanya," kata ayah dua anak ini.

Ia juga mengungkapkan, situasi pandemi COVID-19 turut memotivasinya. Pandemi membatasi ruang gerak kedua putrinya untuk bermain dan berinteraksi. Untuk itu, Robert mendedikasikan rumah mungil ini sebagai 'playhouse' buat kedua anaknya.

Rumah Mungil di Bawah Toren(Foto: YouTube/OG)


Pada Februari 2021, proses pembangunan dimulai. Hanya dalam beberapa bulan, area tiang toren yang terbengkalai dan penuh barang bekas itu akhirnya menjelma sebagai rumah mungil dua lantai. 'The Tank House', demikian Robert menamai rumah itu.

Meski luasnya hanya 5,4 meter persegi, rumah Robert ini dilengkapi fasilitas seperti hunian pada umumnya. Mulai dari kamar tidur, dapur lengkap dengan area meja makan, ruang tamu, hingga kamar mandi. Toren tetap dipertahankan di atas.


Adapun, pembangunan rumah memakan biaya sebesar 200 ribu peso atau sekitar Rp 56 juta. "Semoga (rumah mungil ini) bisa menjadi inspirasi buat mereka yang sedang berhemat karena pandemi," katanya.

Rumah Mungil di Bawah Toren(Foto: YouTube/OG)


Simak Video "Serba-serbi Debut Solo Nayeon TWICE"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)