5 Tren Tanaman Hias 2022, Wajib Dilirik untuk yang Hobi Berkebun

Hestianingsih - wolipop Senin, 03 Jan 2022 15:22 WIB
Ilustrasi ibu dan anak menanam tanaman hias Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph
Jakarta -

Tren memelihara tanaman hias mulai marak sejak pandemi COVID-19, tepatnya awal 2020 lalu. Hingga kini tren tersebut masih digemari bahkan ada musimnya sendiri.

Popularitas tanaman hias untuk mempercantik rumah maupun sebagai terapi masih akan berjaya di 2022. Sejumlah pakar tanaman pun memprediksi tren tanaman hias 2022 apa saja yang akan booming tahun ini.

1. Tanaman Hias Aroid Langka

Tanaman hias jenis Aroid seperti Monstera dan Aglonema tetap digemari di 2022. Namun ada varietas-varietas langka yang sedang dikembangkan para pelaku di industri tanaman dan diprediksi bakal booming.

"Kita akan terus melihat varietas baru dan langka. Para penanam tanaman hias baik dalam skala besar maupun kecil sudah mulai mencoba mengembangkan beberapa varietas baru untuk memenuhi kebutuhan penggemar," ujar Justin Hancock, senior marketing manager di Costa Farms, seperti dilansir The Spurce.

2. Dedaunan Merah dan Ungu

Tren tanaman hias 2022, kita akan banyak melihat yang berdaun selain hijau, seperti ungu dan merah. Banyak orang akan memelihara tanaman berwarna terang untuk membuat koleksi mereka lebih menarik.

"Varietas tanaman berwarna pink memang masih digemari, tapi kami juga mendapati popularitas tanaman dengan warna merah dan ungu yang pekat kian menanjak," ucap Justin.

3. Tanaman Herbal dan Sayuran

Di samping sebagai hiasan, lebih banyak orang juga mempertimbangkan menanam tanaman yang bisa dikonsumsi. Tumbuh-tumbuhan herbal dan sayuran pun diprediksi jadi tren besar di 2022.

"Seiring meningkatnya kemampuan orang-orang memelihara dan mengolah tanaman, mereka pun ingin dapat tantangan baru. Langkah selanjutnya adalah menanam herbal dan sayuran dalam ruangan, yang memiliki manfaat tambahan bisa dikonsumsi bukan hanya untuk dipandangi," jelas Lindsay Pangborn, pakar perkebungan dari Blooomscape.

Pada dasarnya menanam tumbuhan herbal dan sayuran sangatlah mudah dan bisa jadi alternatif hidup sehat baik bagi manusia maupun bumi. Hasil berkebun bisa dikonsumsi sendiri dan diolah sebagai bahan makanan.

4. Tanaman yang Masih Muda

"Kami mendapati lebih banyak orang membeli tanaman yang masih muda atau baru tumbuh. Sebab mereka ingin menikmati proses memelihara tanaman dari masih berupa tunas hingga tumbuh besar. Mereka ingin mendapat pengalaman melihat perkembangan tanaman yang sudah dirawat dengan seksama," kata Matt Aulton, seorang pengusaha tanaman.

"Orang-orang lebih suka menyaksiksan tanamannya tumbuh ketimbang membeli yang sudah lebih besar," tambahnya.

Selain itu membeli tanaman yang masih kecil atau muda juga lebih ekonomis, sebab umumnya harganya lebih murah.

5. Daun Lebar dan Besar

"Saya rasa alasan kenapa tanaman dengan daun lebar dan besar jadi tren karena mereka relatif unik," tutur Justin.

Selain itu tanaman hias dengan daun 'raksasa' seperti Alocasia, Monstera dan Pothos menciptakan kesan rimbun dan tropis pada ruangan. Efeknya, rumah jadi terlihat unik dan lebih nyaman.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)