20 Tanaman Hias Indoor yang Populer dan Mudah Dirawat (Bagian 1)

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 23 Nov 2021 15:30 WIB
Tanaman hias untuk indoor Tanaman hias indoor populer. Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock
Jakarta -

Sedang mencari tanaman hias indoor yang populer untuk mempercantik ruangan? Untuk pemula, ada beberapa pilihan tanaman hias indoor yang populer dan mudah dirawat.

Ragam tanaman hias indoor yang populer bisa kamu letakkan di ruang tamu, keluarga, hingga kamar mandi. Tidak hanya mempercantik ruangan, tanaman hias indoor yang populer juga membantu membuat sirkulasi udara menjadi lebih segar.

Beberapa tanaman hias indoor yang populer tidak perlu disiram terlalu sering bahkan seminggu sekali cukup. Sebagian tanaman hias indoor yang populer juga tahan banting sehingga tak mudah mati.

Cocok buat kamu yang sibuk bekerja atau tidak punya banyak waktu mengurus tanaman. Berikut ini bagian pertama dari tanaman hias indoor yang populer dan mudah dirawat:

1. Sukulen

Succulent in the geometry glass terrariumSukulen, tanaman hias indoor populer. Foto: Getty Images/iStockphoto/Polina Strelkova

Dilansir dari House Beautiful, salah satu tanaman hias indoor yang populer dan mudah dirawat adalah sukulen. Tingkat perawatannya mudah karena hanya membutuhkan sedikit air.

2. ZZ

Tanaman hias indoor yang populer selanjutnya adalah ZZ. Tanaman ZZ atau populer dengan nama tanaman dollar membutuhkan lebih sedikit air dan cocok untuk di letakkan dekat jendela.

Zamioculcas is a tropical perennial plant native to eastern Africa.Zamioculcas atau tanaman hias ZZ Foto: Getty Images/iStockphoto/OleseaV

Kamu bahkan lebih disarankan mengabaikannya dibanding menyiram air terlalu sering. Tanaman ZZ bisa tumbuh terkena cahaya langsung maupun tidak sehingga cocok untuk di letakkan di berbagai sudut rumahmu.

3. Karet

Mungkin tanaman karet sering kamu jumpai saat bertamu ke rumah kerabat atau ruang pertemuan. Tanaman karet masuk ke dalam kategori tanaman hias indoor yang populer dan mudah dirawat.

young woman in white t-shirt holds in her hands a wicker pot with a ficus flower. cropped photo. Decorative home plant. Casual lifestyle series in modern scandinavian interiorTanaman hias indoor populer. Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Medvediuk

Tanaman karet membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung. Jangan siram terlalu sering, hanya saat tanahnya kering baru diberikan air agar tidak mudah mati.

Selain mudah dirawat, tanaman hias indoor yang populer satu ini juga bisa berfungsi sebagai salah satu pembersih udara alami dalam ruangan. Tempatkan dekat dengan area bersantai di rumahmu.

4. String of Pearls

Satu lagi tanaman hias indoor yang populer dan mudah dirawat adalah string of pearls. Bentuk tanaman hias indoor yang populer ini cukup unik dan cantik saat menjadi tanaman hias gantung dekat jendela.

String of Pearls (Senecio rowleyanus) and Nodding Violet (Streptocarpus Caulescens) plants.String of Pearls, tanaman hias indoor populer. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tom_coultas

String of pearls suka cahaya terang dan tidak langsung. Tidak perlu sering disiram, perhatikan saja tanahnya agar selalu lembap.

5. Chinese Money Plant

pileaChinese Money Plant, tanaman hias indoor populer. Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock

Selain menjadi salah satu tanaman hias indoor yang populer dan mudah dirawat, chinese money plant dipercaya bisa membawa keberuntungan. Perawatan tanaman hias indoor yang populer satu ini butuh matahari tidak langsung tapi terang. Namun hati-hati dengan penyiraman agar tidak terlalu basah maupun kering.

6. Fiddle -Leaf Fig

Mungkin kamu sering melihat tanaman hias indoor yang populer fiddle-leaf fig. Bentuk daunnya yang besar cocok untuk di letakkan di sudut rumah.

Ilustrasi fiddle leaf fig treeTanaman hias indoor populer. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nelly Senko

Perawatan tanaman hias indoor yang populer satu ini mudah hanya dengan menyiraminya saat bagian atas tanah sudah kering. Tanaman hias ini butuh cahaya tidak langsung tapi terang.

7. Anthurium

Kemudian ada anthurium sebagai tanaman hias indoor yang populer dan mudah dirawat. Anthurium cukup banyak diminati karena memiliki bunga merah yang cantik.

Ilustrasi anthuriumIlustrasi anthurium Foto: Getty Images/iStockphoto/MARINA BOGACHYOVA

Perawatan anthurium cukup mudah, hanya perlu disiram setiap satu hingga dua minggu sekali. Namun butuh pemukan ya Bunda agar tetap tumbuh subur.

8. Lidah Mertua

Tanaman hias indoor yang populer selanjutnya ada snake plant atau lidah mertua. Cahaya tidak langsung sangat ideal untuk lidah mertua maka cocok di letakkan dalam ruangan.

Penyiraman hanya perlu dilakukan jika tanahnya benar-benar kering. Tanaman lidah mertua juga cocok di letakkan di luar ruangan.

9. Begonia

Begonia maculata. Plant in blue pot. White background.Begonia maculata, tanaman hias indoor populer. Foto: Getty Images/iStockphoto/patnowa

Seperti lidah buaya dan lidah mertua, tanaman hias indoor yang populer satu ini tak perlu banyak penyiraman karena hanya butuh air saat tanah benar-benar kering. Begonia merespon baik bahkan terhadap cahaya fluorescent yang membuatnya sempurna untuk di letakkan di meja kerja.

10. Kalanchoe

Green succulent plant, Kalanchoe hybrid in geometric concrete pot on tropical cactus outdoor garden background.Kalanchoe atau cocor bebek, tanaman hias indoor populer. Foto: Getty Images/iStockphoto/Techa Tungateja

Kemudian ada kalanchoe yang cocok untuk dapur rumahmu. Sebagai tanaman hias indoor yang populer, kalanchoe sangat mudah dirawat dan bisa mekar selama musim dingin.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)