10 Jenis Kucing Peliharaan Favorit Cat Lovers Buat Dirawat di Rumah

Annissa Kamila - wolipop Sabtu, 03 Apr 2021 08:00 WIB
Jenis-jenis kucing peliharaan. Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli Jenis-jenis kucing peliharaan. Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli
Jakarta -

Ada berbagai jenis kucing. Mulai dari kucing dengan bulu panjang atau bulu pendek, kucing dengan paduan warna hingga kucing berkaki panjang hingga pendek. Bagi pecinta kucing, jenis-jenis kucing ini akan jadi favorit mereka untuk dirawat di rumah.

Jenis-jenis kucing peliharaan semakin berkembang dan seiring berjalannya waktu, banyak upaya yang dilakukan untuk membentuk penampilan bahkan genetika dari hewan lucu yang satu ini. Setiap ras kucing memiliki keunikannya masing-masing dan tentunya memiliki penggemarnya sendiri.

Berikut ini jenis-jenis kucing peliharaan favorit pecinta kucing:

1. Maine Coon

Jenis-jenis kucing peliharaan. Foto: Istock

Seperti dikutip dari viagenpets, ras kucing yang satu ini adalah salah satu jenis kucing bertubuh besar dan berbulu lebat. Jenis kucing Maine Coon dewasa dapat memiliki berat badan hingga 5 - 9 kilogram.

Kucing Maine Coon termasuk kucing yang lucu, penuh kasih sayang, menyenangkan dan setia pada pemiliknya. Selain itu, ras kucing ini sangat cerdas dan dapat dengan mudah untuk dilatih. Oleh sebab itu, Maine Coon bisa masuk dalam daftar jenis kucing peliharaan yang sempurna untukmu.

2. Ragdoll

A bicolor brown and young white ragdoll cat with blue eyes, resting on a stool with a wooden background.Ragdoll, jenis kucing peliharaan Foto: Istock

Ragdoll adalah ras kucing yang berasal dari Amerika Serikat. Jenis kucing ini suka bersantai, sangat penyayang, tenang dan lembut serta mudah bergaul.

Ragdoll memiliki tubuh panjang, dada lebar berotot dengan tulang kaki kuat, tengkorak wajah yang besar dengan tulang pipinya yang bulat serta mata besar dengan warna biru di balik wajahnya yang lucu. Bulunya yang sedikit panjang dan lebat biasanya berwarna pudar dan memiliki tekstur lembut sehingga cocok untuk kamu pegang.

3. Scottish Fold

Scottish Fold Kitten, 1 months old, sitting in front of white backgroundJenis kucing Scottish Fold Foto: Istock

Kucing lucu dengan telinga yang terlipat, ya itulah ras kucing Scottish Fold. Jenis kucing ini akan membuat harimu menjadi indah dan terhindar dari stres setelah beraktivitas seharian. Sama seperti namanya, Scottish Fold berasal dari Skotlandia.

Scottish fold adalah kucing yang ramah, cerdas serta aktif. Ekornya yang panjang dan bulat serta telinganya yang terlipat dapat menambah kesan menggemaskan pada dirinya. Kucing dengan ras ini adalah salah satu ras kucing yang setia, terikat pada satu orang namun dapat bersosialisasi dengan orang baru.

4. Siamese

Siamese cat kittyJenis kucing Siamese Foto: Istock

Salah satu kucing peliharaan yang paling terkenal. Bulu yang berwarna terang dengan wajah gelap serta mata biru yang mencolok, kucing Siamese atau Siam adalah kucing yang dapat menjadi sahabatmu dengan kepribadian yang menyenangkan.

Jenis kucing ini akan selalu menjawab pembicaraan pemiliknya dengan mengeong. Dengan kasih sayang yang penuh, ras kucing ini akan dengan mudah duduk di pangkuanmu.

5. American Shorthair

a curious cat kitten looking at the toy stick holding by the ownerJenis kucing American Shorthair Foto: Istock

Jenis-jenis kucing peliharaan berikutnya adalah American Shorthair. Jenis kucing ini salah satu yang paling disukai dengan ukuran tubuh sedang namun kuat. Kakinya yang lurus dan pendek disertai corak yang unik ditambah dengan keceriaan, keramahan dan sikap tenangnya mampu membuat kamu terpesona. American Shorthair juga mudah untuk dirawat dan cepat beradaptasi sehingga akan menambah hangat suasana rumahmu.

6. Persia

White persian cat walking on green grassJenis kucing Persia. Foto: Istock

Kucing ras Persia tentu saja sudah dikenal luas oleh pecinta kucing. Jenis kucing yang satu ini sangat populer karena keimutan dan kepribadiannya yang lembut, meski jika dilihat sekilas kamu akan menangkap sisi cuek dari kucing tersebut.

Kucing Persia termasuk ras kucing yang mudah berbaur dengan manusia serta cepat beradaptasi, maka wajar bila kucing Persia menduduki peringkat nomor satu sebagai kucing yang populer untuk dipelihara.

Jenis kucing Persia memiliki ekor yang panjang dan menjuntai ke belakang disertai tulang rahang yang kokoh dengan tulang pipi yang sedikit menonjol. Sayangnya kucing Persia juga termasuk jenis kucing peliharaan dengan harga mahal. Harga kucing Persia di pasaran mulai dari Rp 1 jutaan.

Mau tahu jenis-jenis kucing peliharaan lainnya? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2