Makanan Kering Vs Basah, Mana yang Lebih Baik untuk Kucing?

Inkana Putri - wolipop Minggu, 13 Des 2020 17:29 WIB
Garbolnas Foto: shutterstock
Jakarta -

Kucing memang jadi salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang. Namun, saat baru pertama kali memelihara kucing, selain masalah kandang urusan makanan kucing terkadang menjadi cukup membingungkan.

Pasalnya terdapat berbagai macam merek dan jenis makanan untuk kucing mulai dari makanan kering hingga makanan basah. Lalu, mana yang sebaiknya diberikan untuk kucing kesayangan? Buat kamu yang masih bingung pilih makanan kucing, berikut ulasannya dilansir dari icatcare.

Makanan Basah

Memberi makanan basah pada kucing disebut bisa mencegah kucing terkena dehidrasi. Apalagi dehidrasi pada kucing sering menjadi faktor risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit ginjal. Selain itu, makanan basah juga punya manfaat lain seperti berikut.

-Menjaga kesehatan saluran kemih

Makanan basah berguna untuk meningkatkan urin yang lebih encer sehingga bisa mencegah masalah saluran kemih. Hal ini mengingat urin yang lebih encer dapat menurunkan konsentrasi komponen inflamasi di kandung kemih.

-Menghindari obesitas

Saat memberi makan kucing, orang cenderung memberinya dalam jumlah yang banyak. Sama seperti halnya manusia, kucing bisa saja mengalami kelebihan berat badan. Makanan basah umumnya tidak memberikan banyak kalori karena memiliki kalori yang lebih rendah daripada makanan kering.

Makanan kering biasanya mengandung lebih dari 3-4 kkal / gram, sedangkan makanan basah hanya 0,8-1,5 kkal / gram. Dengan begitu, pemberian makanan basah bisa membantu menjaga berat badan kucing.

-Mencegah sembelit

Dehidrasi juga menjadi salah satu faktor risiko sembelit dan memberi makanan basah bisa jadi solusi mencegah sembelit. Pasalnya, makanan basah mengandung kadar air yang lebih banyak sehingga bisa mengurangi risiko dehidrasi.

Makanan Kering

Dibanding makanan basah, makanan kering biasanya punya harga yang lebih terjangkau. Itulah mengapa banyak kucing yang lebih sering makan makanan kering. Bahkan, makanan kering juga bisa disimpan dalam jangka waktu panjang. Sama halnya dengan makanan basah, makanan kering juga punya manfaat untuk kesehatan kucing seperti berikut ini.

-Merawat gigi

Beberapa makanan kering bisa bermanfaat buat gigi kucing karena mengurangi pembentukan karang gigi atau memperlambat akumulasi plak. Pasalnya, makanan kering akan jarang menempel atau meninggalkan sisa pada gigi kucing. Meskipun demikian, bukan berarti kamu nggak perlu menyikat ataumembersihkan gigi kucing.

-Menambah berat badan

Jika kucing peliharaan kamu kurus, memberi makanan kering bisa jadi solusinya. Seperti diketahui, makanan kering mengandung lebih banyak kalori sehingga lebih berpotensi untuk menambah berat badan kucing. Selain itu, makanan kering juga akan memberikan kucing lebih banyak energi sehingga ia bisa lebih aktif bermain.

Nah itulah perbedaan dari makanan basah dan makanan kering. Makanan basah lebih mahal dan lebih mudah digunakan, tetapi dapat bermanfaat bagi kucing yang rentan terhadap penyakit saluran kemih, sembelit, dan kelebihan berat badan.

Sementara, makanan kering bisa menjadi cara yang sangat efisien untuk menambah energi dan berat badan kucing, serta lebih awet untuk disimpan. Jadi, sudah bisa tentukan pilihan kamu?

Jika belum, jangan khawatir, di Lazada tersedia ragam pilihan makanan kucing dari Royal Canin. Kamu bisa pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kucing kesayangan di rumah.

GarbolnasGarbolnas Foto: Dok. Lazada

Tentunya dengan harga terbaik karena sampai dengan 14 Desember 2020 mendatang, Lazada sedang menghadirkan festival belanja akhir tahun Lazada 12.12 Garbolnas. Diskon dan promo meriahnya bikin belanja jadi makin irit!

Selain itu, ada pula promo gratis ongkir dari Lazada setiap hari. Kamu pun punya kesempatan untuk menang voucher senilai Rp 1,2 juta dan Rp120.000 yang akan dibagi-bagikan tiap 2 jam sekali dan bisa langsung dipakai tanpa minimum belanja selama promo Lazada.12.12 Garbolnas berlangsung! Tunggu apalagi, jangan sampai ketinggalan, segera kunjungi Lazada dan add to cart barang-barang berkualitas kebutuhan kamu sekarang dan jangan lupa check out!

(akn/eny)