15 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer, Menggemaskan dan Mudah Dirawat

Lukita Wardani - wolipop Minggu, 20 Sep 2020 15:09 WIB
Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli
Jakarta -

Pandemi corona yang panjang membuat orang-orang mencoba berbagai hobi baru. Jika kamu termasuk penyayang binatang bisa mencoba memelihara kucing. Jenis kucing peliharaan apa yang cocok untuk pemula?

Kucing seperti anjing termasuk hewan yang penyayang. Riset yang dilakukan scientificamerican mengungkapkan kucing mempelajari sendiri cara mengeluarkan bunyi meow yang bisa menarik perhatian manusia. Saat mengeluarkan suara meow itu kucing ingin mengajak si manusia bermain atau meminta atensinya.

Tertarik memelihara kucing? Seperti dikutip Cosmopolitan AS, berikut jenis-jenis kucing peliharaan populer yang bisa jadi pilihan untuk kamu yang pemula merawatnya di rumah:

1. Kucing Ragdoll

[Gambas:Instagram]

Ragdoll adalah jenis kucing peliharaan populer karena sangat menyukai manusia. Saking sukanya, kucing tersebut sering mengikuti pemiliknya di sekitar rumah dari pagi hingga malam. Jika kamu mencari sahabat dengan bulu semi-panjang dan berat sekitar 6 kg yang selalu menempel dan mengikutimu, jenis kucing Ragdoll bisa menjadi belahan jiwa kucing kamu. Penyanyi Taylor Swift juga memelihara kucing jenis Ragdoll ini.

2. Kucing Maine Coons

Maine Coon looking at the camera, isolated on whiteJenis kucing Maine Coon Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalP

Jenis kucing maine coon terkenal karena ukurannya yang besar hingga memiliki berat 13 kg. Tetapi alasan lain mereka menjadi ras kucing rumahan yang populer adalah karena kepribadian yang ramah. Jenis kucing ini sangat suka bermain dan bergabung dengan kamu apa pun yang dilakukan.

3. Kucing Siamese

BLUE SOMALI DOMESTIC CAT, ADULT SITTING ON SIDEBOARDKucing Siamese. Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

Kucing Siamese berkembang biak dengan sangat cantik. Jenis kucing ini memiliki mata cerah dan bulu coklat yang khas di ekor dan anggota tubuhnya. Kucing jenis Siam ini juga cenderung memiliki kepribadian yang sangat santai. Mereka lebih suka duduk di pangkuan pemiliknya daripada membuat masalah.

4. Kucing American Shorthairs

Maine Coon looking at the camera, isolated on whiteKucing American Shorthair. Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalP

Kucing jenis American Shorthairs ini memiliki masa hidup yang lama. Jadi kucing jenis ini bisa menjadi pilihan tepat jika kamu mau memelihara kucing untuk tumbuh bersama. American Shorthairs juga dikenal sangat manis dengan anak-anak dan hewan lainnya seperti anjing. Jenis kucing ini termasuk mudah dirawat, artinya cocok untuk kamu yang pemula dalam urusan memeliharakamu tidak perlu sering-sering menyikatnya.

5. Kucing Sphynxes

BLUE SOMALI DOMESTIC CAT, ADULT SITTING ON SIDEBOARDKucing Sphynx Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

Kucing Sphynx termasuk jenis kucing tidak berbulu. Karena tak berbulu ini, sekilas kucing sphynx terlihat jahat, meski nyatanya tidak demikian. Buat kamu yang alergi bulu kucing, jenis kucing ini bisa menjadi solusi. Sphyn termasuk kucing yang menyukai perhatian dari orang-orang dan cenderung sedikit nakal ketika mau mencuri perhatian. Tapi selama kamu bersedia untuk sering menggaruk telinga Sphynx, dia akan baik-baik saja. Salah satu orang Indonesia terkenal yang memelihara jenis kucing ini adalah Raditya Dika.

6. Kucing Scottish Fold

BLUE SOMALI DOMESTIC CAT, ADULT SITTING ON SIDEBOARDKucing Scottish Fold. Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

Kamu mungkin sudah akrab dengan ras kucing ini yang dikenal sebagai lipatan Skotlandia. Nama kucing scottish fold didapat dari telinga mereka yang terlipat. Scottish fold adalah jenis kucing berukuran sedang dengan berat 4 hingga 6 kg. Mereka seperti terobsesi dengan pemiliknya. Mereka hidup untuk kasih sayang manusia, dan tidak takut dengan suara keras. Artinya jenis kucing ini cocok buat kamu yang tinggal di kota besar.

7. Kucing Somali

BLUE SOMALI DOMESTIC CAT, ADULT SITTING ON SIDEBOARDKucing Somali. Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

Kucing Somali memiliki bulu ombre khas yang hadir dalam empat warna menawan. Somalia berkembang pesat ketika mereka memiliki pemelihara yang dapat diandalkan dan memberikan banyak perhatian pada mereka. Jenis kucing peliharaan ini suka bermain dan sangat pintar.

8. Kucing Persians

BLUE SOMALI DOMESTIC CAT, ADULT SITTING ON SIDEBOARDJenis kucing Persia Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

Kucing Persia sangat lucu dan terlihat seperti boneka. Ras kucing ini paling populer, karena mereka cantik dan juga memiliki kepribadiannya yang manis. Terkadang jenis kucing Persia membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, tetapi setelah sedikit tenang, mereka akan merasa sangat nyaman di rumah kamu. Memiliki bulu yang tebal, kamu memang harus sering menyikat kucing Persia kamu.

9. Abyssinians

Maine Coon looking at the camera, isolated on whiteKucing jenis Abyssinia Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalP

Jenis kucing ini sangat cantik dan populer karena mereka jenius. Abyssinia juga termasuk salah satu ras kucing tertua di dunia. Satu yang harus kamu ketahui jenis kucing Abyssinia bukanlah jenis yang paling suka diemong. Mereka memang menyukai persahabatan manusia, tetapi mereka menunjukkannya hanya dengan berada di dekat kamu.

10. Birmans

Maine Coon looking at the camera, isolated on whiteKucing Birman Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalP

Jenis kucing Birman mudah dikenali dari mata birunya yang khas serta hidung cokelatnya yang manis. Birman memiliki berbagai warna, tetapi mereka semua terlahir putih. Kucing ini memiliki warna bulu yang berbeda saat tumbuh dewasa. Birman sangat manis dan pendiam, dan mereka bisa bergaul dengan hampir semua orang.

Selanjutnya
Halaman
1 2