Tanaman Hias untuk Tahun Baru Imlek: Si Cantik Anthurium yang Berwarna Merah

Tim Haibunda - wolipop Kamis, 11 Feb 2021 15:14 WIB
Pink blooming anthurium flower in window sill. domestic gardening. Home plant Tanaman hias anthurium bisa untuk hiasan Imlek 2021. Foto: Getty Images/iStockphoto/IKvyatkovskaya
Jakarta -

Sedang mencari tanaman hias untuk mempercantik rumah saat Tahun Baru Imlek 2021? Tanaman hias anthurium bisa jadi pilihan. Warna bunga yang merah cocok dengan hiasan Imlek lainnya.

Anthurium termasuk ke dalam keluarga Araceae yang berasal dari Kolombia dan Ekuador. Ia juga masih berkerabat dekat dengan tanaman hias aglaonema, philodendron, keladi, dan alokasia. Dalam keluarganya, anthurium memiliki varian terbanyak, yakni sekitar 1.000 jenis marga.

Tanaman hias anthurium termasuk ke dalam tanaman tropis yang biasanya tumbuh setinggi 41 cm. Bunga pada tanaman hias anthurium dapat muncul sepanjang tahun dalam kondisi pertumbuhan yang optimal.

Daya tarik utama dari anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, unik, dan bervariasi. Daun anthurium biasanya berwarna hijau tua dengan urat serta tulang besar yang menonjol.

Ilustrasi anthuriumTanaman hias anthurium Foto: Getty Images/iStockphoto/v_zaitsev

Menurut Missouri Botanical Garden, anthurium umum ditanam di dalam pot dengan menggunakan media gambut yang dikeringkan. Anthurium perlu cahaya yang terang agar bisa subur, karena itu kamu bisa letakkan anthurium di luar ruangan agar bisa mekar sempurna.

Secara umum, anthurium dibedakan menjadi dua, yakni anthurium daun dan bunga. Anthurium bunga lebih menonjolkan keberagaman bunga baik hasil hibrid maupun spesiesnya. Anthurium jenis bunga ini biasanya dijadikan bunga potong.

Nah, bunga anthurium ini ada yang berwarna merah cerah. Dalam budaya China, warna merah melambangkan keberuntungan. Karena itu, anthurium merah cocok dijadikan sebagai tanaman hias untuk memeriahkan Imlek.

Bagaimana cara merawat tanaman hias anthurium yang cocok sebagai hiasan Tahun Baru Imlek? KLIK DI SINI untuk tahu caranya.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)