Sambut Imlek dengan Mengenal Sri Rejeki, Tanaman Hias Pembawa Hoki

Tim Haibunda - wolipop Minggu, 07 Feb 2021 11:07 WIB
Aglaonema modestum or Red aglaonema or Chinese evergreen plant. Tanaman hias sri rejeki. Foto: iStock
Jakarta -

Nama tanaman hias ini di Indonesia mirip nama orang, Sri Rejeki. Sedangkan bahasa latinnya dan populer dengan nama aglaonema. Seperti apa tanaman sri rejeki dan bagaimana cara merawatnya?

Sri rejeki atau aglaonema merupakan tanaman hias dari keluarga ubi atau Araceae. Tanaman hias ini asalnya tumbuh di hutan tropis yang lembap dan teduh. Mereka beradaptasi dengan kondisi cahaya yang lebih rendah. Karena mampu beradaptasi dengan cahaya yang redup, sri rejeki pun cocok jika ditanam di pot lalu diletakkan di sudut rumah atau dalam ruangan.

Sri rejeki memiliki beberapa jenis. Salah satunya yang terkenal adalah tanaman hias Aglaonema commutatum dan Aglaonema nitidum yang ditemukan pada 1960-an. Tanaman hias ini memiliki daun berwarna hijau tua berbentuk tombak, serta memiliki tulang daun berwarna perak.

Pada1980-an, Thailand dan Indonesia menemukan variasi baru dari jenis aglaonema. Varian ini disebut dengan Aglaonema rotundum. Tanaman hias sri rejeki ini memiliki warna lebih beragam dengan daun berwarna merah atau merah jambu di bagian dalamnya.

Aglaonema leaves backgroundTanaman hias sri rejeki Foto: Getty Images/iStockphoto/joloei

Selain warnanya yang cantik, tanaman hias sri rejeki disukai karena kerap dikaitkan dengan perayaan Tahun Baru China alias Imlek. Tanaman hias ini populer juga dengan nama Chinese Evergreen.

Warna merah yang ada pada sri rejeki dipercaya oleh masyarakat China sebagai warna keberuntungan. Karena itu, tanaman hias ini sering digunakan untuk memeriahkan perayaan Imlek di berbagai belahan dunia. Baik untuk hiasan maupun hadiah Imlek.

Tertarik memiliki sri rejeki tapi bingung bagaimana perawatannya? Dilansir laman NParks Buzz, berikut ini cara merawat tanaman hias sri rejeki agar tumbuh subur.

1. Pot

Jika kamu ingin memajang sri rejeki saat perayaan Imlek, kamu bisa menanamnya di dalam pot lebar seperti mangkuk. Pot yang sederhana berwarna merah atau emas adalah pilihan yang tepat untuk menyesuaikan dengan perayaan Imlek.

Pastikan ukuran pot ini sesuai dengan besar tanaman hias sri rejeki ya. Supaya akarnya tetap tumbuh bebas.

Mau tahu tips merawat sri rejeki lainnya? KLIK DI SINI.

(eny/eny)