10 Jenis Aglonema Merah yang Paling Banyak Dicari dan Cara Perawatannya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 13 Nov 2020 11:30 WIB
Jenis Aglonema Siam Aurora Jenis Aglonema Siam Aurora. Foto: Instagram @airy_garden_official.
Jakarta -

Selama pandemi, salah satu tanaman hias yang menjadi primadonanya adalah sri rezeki atau Aglaonema atau chinese evergreen. Tanaman hias ini berasal dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Dan salah satu yang populer adalah Aglonema merah.

Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis. Tanaman hias Aglonema tumbuh baik pada area intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (berkayu) dan memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak termasuk ciri Aglonema.

Kini berbagai macam Aglonema hibrida telah dikembangkan. Penampilan tanaman hias Aglonema pun menjadi semakin menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk, dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami. Seperti aglonema merah yang sedang banyak dicari orang.

Wolipop berbincang dengan penjual aglonema merah, Ekawati dari @airy_garden_official dan Wuri Setyaningsih, pemilik @kebunwuri untuk membahas jenis aglonema merah yang kini paling banyak dicari dengan harga yang fantastis.

Menurut Wuri Setyaningsih, ada dua faktor yang membuat tanaman Aglonema merah akan semakin mahal. Pertama jika jenis Aglonema merah yang impor karena kurang banyak pembudidaya Aglonema atau yang berkreasi untuk kawin silang. Dan kedua, tergantung corak warna dari Aglonema yang terang dan mengkilap.

Berikut 10 jenis aglonema merah yang paling banyak dicari:

1. Aglonema Red Peacock

Aglonema Red PeacockAglonema Red Peacock. Foto: Dok. Instagram @99planthouse.

Tanaman hias Aglonema Red Peacock atau Widuri, keunikannya adalah memiliki warna merah yang mencolok di tengah-tengahnya. Aglonema Rea Peacock ini juga memiliki semburat hijau dan dominasi merah. Harga Aglonema Red Peacock atau Widuri sekitar Rp 170 ribu - 900 ribu.

2. Aglonema Suksom

aglonema merahJenis Aglonema Suksom. Foto: Dok. Instagram @delfawood.

Aglonema Suksom memiliki warnanya merah terang menyala tetapi ada garis hijau di pinggiran daunya. Tanaman hias Aglonema Suksom ini klorofilnya hanya sedikit. Harga Aglonema Suksom sekitar Rp 1,3 juta - Rp 6 juta.

3. Aglonema Harlequin

Aglonema HarlequinAglonema Harlequin. Foto: Dok. Instagram @kebunayah29.

Aglonema Harlequin, merupakan tanaman hias Aglonema merah yang menyukai cahaya. Berbeda dengan Aglonema lainnya yang suka tempat teduh, semakin terang cahayanya, warna merah dari Aglonem Harlequin akan semakin terlihat. Akan tetapi jangan biarkan tanaman hias ini terkena sinar matahari langsung. Harga Aglonema Harlequin bervariatif sekitar Rp 300 ribu.

4. Aglonema Red Sumatera atau Aglonema Merah Sumatera

Aglonema Red Sumatera atau Aglonema Merah SumateraAglonema Red Sumatera atau Aglonema Merah Sumatera.Foto: Dok. Instagram @sekar_bunga_purworejo.

Aglonema Red Sumatera asli dari Indonesia dan termasuk jenis Aglonema merah termahal. Karena Aglonema ini merupakan awal generasi dari Aglonema merah, menurut Wuri, harganya pun mencapai jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

5. Aglonema Pride of Sumatera

Aglaonema Pride of SumateraAglaonema Pride of Sumatera. Foto: Dok. Instagram @airy_garden_official.

Ekawati pemilik Airy Garden menuturkan ciri Aglonema Pride of Sumatera memiliki warna daun merah marun. Walau terlihat simpel tapi corak daun Aglonema merah dengan nama Sumatera ini bergaris-garis dan terlihat sangat berkarakter. Hal inilah yang membuat Aglaonema Pride of Sumatera menjadi istimewa dan berimbas harganya menjadi sangat tinggi karena dihitung berdasarkan jumlah daun. Harga Aglonema Pride of Sumatera sekitar Rp 300-400 ribu.

6. Aglonema Red Gold

Aglonema Red GoldAglonema Red Gold. Foto: Dok. Instagram @gracekusnadigoh.

Aglonema merah ini termasuk paling murah dengan ciri khas dominasi hijau tapi tulang-tulangnya merah. Harga Aglonema Red Gold mulai dari Rp 60 ribu - Rp 120 ribu.

7. Aglonema Anyamanee atau Aglonema Merah dari Thailand

Aglonema AnyamaneeAglonema Anyamanee. Foto: Dok. Instagram @mygarden_mytree.

Jenis Aglonema merah ini berasal dari Thailand. Aglonema dari Thailand selalu mempunyai daya tarik tersendiri. Mengingat petani di sana benar-benar fokus untuk membudidayakan Aglonema. Wuri menambahkan jika warna Aglaonema Anyamanee ada tiga jenis, yaitu red, green dan white. Harga Aglaonema merah Thailand ini sekitar Rp 5 juta.

8. Aglonema Adelia

Aglonema AdeliaJenis Aglonema Adelia.Foto: Dok. Instagram @planta.houseplant.

Aglaonema Adelia mempunyai bentuk daun yang paling besar dari jenis Aglonema merah lainnya. Bentuk daunnya runcing di ujung. Harga Aglaonema Adelia biasanya dijual ratusan ribu rupiah.

9. Aglonema Lipstick Siam Aurora

Jenis Aglonema Siam AuroraJenis Aglonema Siam Aurora. Foto: Instagram @airy_garden_official.

Ekawati menjelaskan Aglaonema Lipstick Siam Aurora termasuk ke dalam jajaran Aglaonema harga ekonomis. Namun kecantikan Agalonema merah ini tetap memikat, terlebih jika jenis ini sudah dalam keadaan rimbun dan daunnya merah meriah seperti namanya. Biasanya penjual tanaman hias akan menjual jenis Aglonema merah ini dengan harga sekitar Rp 50 ribu - Rp 250 ribu.

10. Aglonema Red Kochin

Aglaonema Red KochinAglaonema Red Kochin. Foto: Dok. Instagram @airy_garden_official.

Aglonema Red Kochin merupakan jenis aglonema merah yang warna daunnya didominasi dengan warna merah semu seperti peach, dengan semburat hijau di sekeliling daunnya. Istimewanya Aglaonema Red Kochin, bentuk daunnya membulat dan ukurannya bisa jadi besar-besar, jika ditanam di satu pot besar. Harga Aglonema Red Kochin biasanya sekitar Rp 150 ribu - Rp 250 ribu.

Cara Perawatan Aglonema Merah

Jenis Aglonema merah yang paling banyak dicariJenis Aglonema merah yang paling banyak dicari. Foto: Instagram @kebunwuri.

Jika kamu sudah mengetahui jenis aglonema merah yang paling banyak dicari, sekarang kamu perlu mengetahui cara perawatannya. Aglonema merah ini perlu dirawat agar tanaman hias ini bisa tumbuh rimbun, mengkilap dan sehat.

Wuri Setyaningsih, pemilik @kebunwuri mengatakan perawatan Aglonema merah cukup mudah. Aglonema merah menurutnya, termasuk tanaman hias yang tidak bisa terkena sinar matahari langsung.

"Aglonema perawatanya nggak ribet sebenernya. Pertama jangan langsung kena sinar matahari. Kedua Aglonema sama seperti tanaman lainya rawan hama kaya kutu putih, jamur, belalang, dan laba-laba. Jadi harus siap pesitisida. Musim hujan gini rawan jamur dan siput. Dan ketiga biar warnanya mengkilap terus, sering-sering dioles dengan santan kelapa (itu bahan alami yang paling aman). Siram sehari sekali setiap sore. Pilih pupuk cair organik. Setiap dua minggu sekali dipupuk. Media tanam harus poros sehingga sirkulasi udara akar bisa berjalan lancar," ungkapnya, kepada Wolipop.

Bagaimana apakah kamu tertarik mengoleksi tanaman hias jenis aglonema merah?

Aglonema Pride Of Sumatera dan Aglonema Lipstik (Siam Aurora)Jenis Aglonema merah yang paling banyak dicari. Foto: Instagram @kebunwuri.

(gaf/eny)